Selasa, 17/05/2016 15:16 WIB

Jadi Vlogger Kecantikan Tidak Sulit, Begini Cara Memulainya

Rahmi Anjani - wolipop
Jadi Vlogger Kecantikan Tidak Sulit, Begini Cara Memulainya Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat ini wanita Indonesia semakin mahir merias diri. Video tutorial yang banyak beredar di Youtube pun bisa dibilang menjadi salah satu faktor yang membantu mereka tampil lebih cantik. Melalui video tersebut, para penggemar kecantikan bisa mendapatkan berbagai informasi, mulai dari produk hingga teknik makeup terbaik.

Maraknya tutorial kecantikan tak lepas dari peran para beauty vlogger (video blogger). Vlogger, merupakan sebutan untuk orang yang sering membahas atau memberikan tutorial tentang berbagai aspek dalam bentuk video.

Di Indonesia, kehadiran vlogger terutama di bidang kecantikan pun semakin banyak bahkan cukup dipertimbangkan para wanita sebagai sumber referensi makeup atau perawatan kulit. Menjamurnya beauty vlogger juga didukung dengan banyaknya peminat video kecantikan dan brand yang ingin mengajak kerjasama.

"Antusiasme melihat konten beauty sangat terlihat. Dari segi brand, mereka juga butuh kita (beauty vlogger) karena mereka butuh feeling bukan sekadar foto dan tulisan," ungkap beauty vlogger yang dikenal dengan nama Minyo di acara Women 2.0: Wanita dan Teknologi di Midtown Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2016).

Baca Juga: 30 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik

Selain membuat belajar makeup jadi lebih mudah, banyaknya beauty vlogger juga menginspirasi wanita-wanita lainnya untuk ikut vlogging. Menurut Niken Sasmaya selaku Team Lead YouTube Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, saat ini memang merupakan waktu yang tepat untuk memulainya. Niken menyatakan, melakukan vlogging (video bloging) tidak sulit asal ada minat dan kreativitas. Bahkan bisa dilakukan dengan ponsel pintar.

Vlogger hijab dan makeup, Vindy Harfrida juga mengatakan demikian. Youtubers yang dikenal berlogat Jawa tersebut memberi sarannya untuk para pemula. Wanita asal Malang itu menganjurkan agar video pertama dibuat berdasarkan riset dari keyword. Caranya adalah dengan mengetik kalimat 'cara memakai' di YouTube lalu liat rekomendasi judul apa yang paling banyak keluar di bawahnya.

"Yang pertama harus dilakukan adalah keyword research. Dari situ kita tahu tutorial apa yang paling banyak dicari. Kita bisa buat konten dari keyword-keyword turunannya. Jangan yang susah karena yang hits biasanya bukan yang judulnya sulit. Saat subscriber sudah banyak baru bikin yang lain," ungkap Vindy.

Bisa juga dengan membuat konten video yang sedang tren. Untuk kecantikan, wanita Indonesia kini menyukai video makeup sehari-hari dan gaya natural.

"Yang banyak dicari biasanya tutorial hijab dan makeup natural. Swatch lipstik lokal juga sedang tren karena nggak mungkin vlogger luar review lipstik Indonesia," kata vlogger berhijab Linda Kayz. (ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com