Jumat, 13/05/2016 17:05 WIB

Serba-serbi Jadi Vlogger

Ini Konten Vlog dan Video YouTube yang Populer di Indonesia 2016

Hestianingsih - wolipop
Ini Konten Vlog dan Video YouTube yang Populer di Indonesia 2016 Foto: Thinkstock
Jakarta - Selalu update tren terkini merupakan salah satu kunci menjadi vlogger dan youtuber sukses. Setiap tahunnya, konten-konten yang menjadi tren di dunia maya, khususnya dunia vlogging dan YouTube selalu berganti.

Dari hasil survei YouTube di Indonesia pada 2015, 70 persen penonton YouTube berusia antara 15-34 tahun. Dari rentang usia tersebut, lebih dari setengahnya (sekitar 70 persen) adalah wanita.

Dominasi viewers wanita pun membuat channel YouTube dengan konten-konten berbau wanita jadi laris manis. Menurut Team Lead YouTube Asia Tenggara dan Australia - New Zealand Niken Sismaya, konten YouTube yang dekat dengan kehidupan sehari-hari wanita cukup banyak digemari.

"Gimana cara untuk survive dari patah hati, cara menata rambut anak untuk sekolah dalam lima menit, tips mengembangkan kecerdasan anak itu cukup populer," ujar Niken, saat ditemui di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Niken mengatakan bahwa di 2015, konten yang paling banyak peminatnya di Indonesia berkaitan dengan komedi dan hal-hal yang berkaitan dengan sehari-hari dibuat listing. "Seperti 10 cara cari parkir mobil di mal, 10 cara jadi anak sok kaya. Hal-hal yang sebenarnya dirasakan setiap hari tapi nggak pernah diangkat ke bentuk video. Konten yang 'Oh My God ini gua banget', yang relevan banget dengan kehidupan fans sangatlah hype tahun lalu," tuturnya.

Bagaimana dengan tahun ini? Menurut Niken, di 2016 konten yang berkaitan dengan kecantikan dan makeup tutorial sangat banyak peminatnya. Beauty blogger dan vlogger pun banyak bermunculan.

Selain itu di Indonesia yang kini cukup digemari adalah prank channel, yang berisi video youtubers menjahili orang lain. Tren ini sebenarnya berasal dari popularitas youtuber dan vlogger di Amerika Serikat dan Inggris.

"Di Indonesia sekarang lagi heboh banget prank channel. Di luar juga sudah ada dari beberapa tahun lalu," jelasnya.

Konten lain lagi yang juga sedang tren adalah gaming channel. Video umumnya berisi rekaman orang saat main game dengan berbagai ekspresi lucu dan aneh.

"YouTuber nomor satu di dunia dari segi jumlah subscribers terbanyak, sampai 36 juta adalah gaming channel namanya PewDiePie. Isinya ya orang main game. Mungkin orang berpikir ngapain nontonin orang main game? Tapi karena personality-nya kuat banget dan dia terlihat fun banget, jadi nonton sampai 20 menit pun nggak bosen. Gamers yang bikin YouTube channel growing-nya cukup cepat di Indonesia," tutur Niken.

Terlepas dari memerhatikan konten-konten yang jadi tren di Indonesia maupun seluruh dunia, hal paling penting di atas semuanya adalah ikuti apa yang menjadi kesukaan Anda. Mengambil inspirasi dari youtuber lain sah-sah aja untuk menjaga agar konten channel YouTube tidak membosankan. Tapi tantangannya adalah bagaimana agar bisa dikemas sesuai ciri khas Anda sendiri. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177