Rabu, 04/05/2016 15:35 WIB

4 Gejala Aneh di Tubuh Tanda Kekurangan Vitamin

Hestianingsih - wolipop
4 Gejala Aneh di Tubuh Tanda Kekurangan Vitamin Foto: Thinkstock/BartekSzewczyk
Jakarta - Kesibukan yang padat, ditambah macetnya lalu lintas di perkotaan membuat banyak orang tidak punya waktu untuk memerhatikan asupan nutrisi mereka sehingga lebih rentan kekurangan vitamin. Ditambah lagi konsumsi makanan serba praktis dan minim nutrisi, biasanya semakin memperparah gejala kekurangan vitamin pada tubuh.

"Dengan pola makan yang lebih banyak mengonsumsi makanan olahan pabrik, kita jadi sangat rentan kekurangan vitamin. Baik itu karena tidak cukup makan makanan yang benar atau tubuh yang tidak bisa mencernanya dengan baik karena masalah pencernaan," ujar Dr. Susan Blum, penulis buku 'The Immune System Recovery Plan' seperti dikutip dari Fox News.

Sayangnya tidak banyak orang menyadari bahwa mereka kekurangan vitamin sehingga kondisi tersebut dibiarkan terus menerus. Yang juga sedikit orang tahu, tubuh ternyata punya cara tersendiri untuk memberitahu bahwa Anda kekurangan vitamin.

"Anda mungkin tidak langsung terkena penyakit, tapi kurang vitamin membuat Anda sulit menjalani aktivitas karena khasiat vitamin adalah membantu organ tubuh berfungsi dengan semestinya," jelas Susan.

Ini beberapa tanda ketika tubuh kurang vitamin, dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Sudut Bibir Mudah Pecah atau Luka
Kebanyakan orang mengira luka atau pecah pada sudut bibir adalah tanda kekurangan vitamin C. Namun ternyata akibat kekurangan zat besi, zinc, dan vitamin B seperti niacin (B3), riboflavin (B2) dan B12. Gejala ini biasanya dialami orang yang menjalani diet vegetarian karena tidak mendapat komposisi yang lengkap dari zat besi hingga vitamin B, yang umumnya terkandung dalam produk hewani.

Susan menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak daging ayam, salmon, tuna, telur, tiram, tomat, kacang-kacangan dan polong-polongan. Penyerapan zat besi akan lebih baik dengan tambahan vitamin C jadi sebaiknya kombinasikan menu Anda dengan sayuran seperti brokoli, paprika dan kembang kol.

2. Kulit Wajah Bersisik dan Ruam Kemerahan, Kadang Dibarengi Rambut Rontok
Bisa jadi karena Anda kekurangan biotin atau vitamin B7. Biotin merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesuburan rambut bahkan ia kerap disebut sebagai vitamin rambut. Untuk mengatasinya, tambah konsumsi telur matang, salmon, alpukat, jamur, kembang kol, kedelai, kacang-kacangan dan pisang.

3. Benjolan Mirip Jerawat di Dagu, Lengan, Paha dan Bokong
Tanda tubuh kekurangan asam lemak dan vitamin A serta D. Perbanyak konsumsi lemak sehat, dengan menambah salmon dan sarden, walnut, almond dan biji-bijian. Untuk memenuhi kecukupan vitamin A, Anda disarankan makan sayuran hijau dan warna-warna lainnya seperti wortel, ubi dan paprika merah. Sedangkan vitamin D bisa didapatkan dari pil atau kapsul suplemen.

4. Sering Kram Pada Jari-jari Kaki, Betis dan Bagian Belakang Kaki
Gejala Anda kekurangan magnesium, kalsium dan potassium. Biasanya disebabkan oleh olahraga yang terlalu keras sehingga tubuh kekurangan cairan yang di dalamnya terkandung tiga mineral tersebut. Anda disarankan makan lebih banyak pisang, almond, hazelnut, ceri, apel, jeruk bali, brokoli, bok choy dan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com