Selasa, 03/05/2016 11:01 WIB

Saat Warung Makan 'Tempo Doeloe' Tampil Kontemporer di Rumpun

Daniel Ngantung - wolipop
Saat Warung Makan Tempo Doeloe Tampil Kontemporer di Rumpun Foto: Daniel Ngantung
Jakarta - Berkunjung ke kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Anda dengan mudahnya menemukan beragam tempat menarik untuk memanjakan lidah dan mata sekaligus. Tempat-tempat tersebut didesain sedemikian rupa sehingga bukan hidangan saja yang menjadi nilai jual, tapi juga atmosfer untuk memberikan pengalaman kuliner yang seutuhnya kepada pengunjung.

Salah satunya Rumpun, yang berlokasi di Jalan Panglima Polim V. Mencari Rumpun tidaklah sulit karena posisinya cukup dekat dengan 7-11 Panglima Polim, tepatnya di sisi kiri jalan arah Fatmawati.

Tampak depan, Rumpun sudah mencuri perhatian dengan terasnya yang menyerupai pondokan kayu dalam nuansa minimalis. Masuk ke dalam, maka Anda akan menemukan sisi unik restoran ini. Rumpun sebetulnya lebih mirip warung makan ketimbang restoran bila dilihat dari ukuran dan suasananya. Bedanya, 'warung' yang satu ini dikemas dengan rasa kontemporer.

Interior kayu bergaya minimalis ala Jepang yang dominan berpadu apik dengan dekorasi bergaya 'tempo doeloe'. Meja makan panjang dengan bangku seukuran tanpa senderan yang biasa ditemui di warung makan langsung menyambut di dekat pintu masuk. Hanya saja mejanya berdesain minimalis dengan polesan yang bersih.

Di sampingnya, dekat jendela, ada sepeda ontel sebagai dekorasi yang menyumbangkan kesan 'tempo doeloe'. Ditambah lagi hiasan ayam-ayaman yang 'bertengger' di rak-rak kayu dan lantai, serta tirai bambu yang menutupi jendela.

Tampak beberapa bagian bangunan seperti belum rampung seutuhnya. Bagian atap misalnya, dibiarkan 'telanjang' tanpa plafon. Begitu juga dinding yang beberapa sisinya tampil seadanya, bebas dari pulasan cat, menginjeksikan kesan industrial yang eksentrik.

Aksentuasi alam turut hadir sebagai pemanis lewat tanaman-tanaman tropis dekoratif yang ditata secara unik. Salah satunya tanaman semacam alang-alang kering yang menjuntai bebas dari lampu gantung kayu di atas meja penjang tadi. Dari sisi penampilan, boleh dibilang hampir setiap sudut Rumpun sangat Instagramable alias cocok diabadikan di Instagram.

Puas mata dimanja oleh keunikan interiornya, giliran memanjakan lidah dan perut. Rumpun menyajikan pilihan menu tradisional yang dimodifkasi.

Bagi Anda pecinta hidangan mentah, jangan lewatkan Tuna Gohu. Merupakan hidangan pencuci mulut khas Minahasa, Sulawesi Utara, gohu seperti rujak namun berkuah asam pedas yang menyegarkan.

Di Rumpun, gohu hadir tanpa buah dan kuah, melainkan tuna mentah segar dengan siraman minyak dan irisan cabai yang menggugah selera.

"Ini ceritanya sashimi versi Indonesia," ujar seorang pramusaji yang mencoba memberikan penjelasan termudah tentang menu tersebut.

Masih di jajaran menu utama, ada Tusuk Lidah, yaitu sate lidah sapi yang dilumuri areh, kuah santen gudeg. Opsi lain di antaranya Ayam Beras, Ayam Kenari, Nasi Goreng Sum-Sum yang berwarna hijau, dan Nasi Goreng Padapang dengan rasa rendang.

Kurang lengkap rasanya bila menikmati hidangan tersebut tanpa sambal. Tersedia empat pilihan menu sambal di sini yang siap membangkitkan selera makan, antara lain Sambal Bawang, Sambal Petai, Sambal Terasi, dan Sambal Matah.

Untuk minuman, Es Timun Serut patut dicoba. Terbuat dari perasan jeruk nipis yang dicampur dengan irisan timun, minuman ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencari kesegaran. Di samping Es Timun Serut, Rumpun juga menyediakan variasi kopi-kopian, seperti Mandhailing, Gaio, dan Moka Jawa yang pas dinikmati saat nongkrong bersama kerabat.

Sebagai hidangan pencuci mulut, Koah Pisang Kanari bolehlah menjadi pilihan. Tampilannya seperti kolak dengan pisang yang dikukus, hanya saja berkuah santan putih dengan taburan wijen hitam dan potongan daun pandan sebagai garnish.

Semua harga menu di sini cukup terjangkau, dari Rp 8.000 hingga Rp 38.000 untuk makanan. Adapun minuman bisa didapatkan dari harga Rp 6.000 hingga Rp 20.000. Pastikan membawa uang  yang cukup karena saat ini Rumpun hanya bisa melayani pembayaran tunai. (dng/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com