Kamis, 14/04/2016 09:43 WIB

Intimate Interview

Berkenalan dengan Stylist Barbie Asal Makassar yang Dipuji Tyra Banks

Daniel Ngantung - wolipop
Berkenalan dengan Stylist Barbie Asal Makassar yang Dipuji Tyra Banks Foto: Instagram/@LeoChris91
Jakarta - Boneka cantik dan seksi memamerkan kebolehannya berpose di depan kamera. Berbalutkan busana modis rancangan desainer kondang, mereka tampil bak model sungguhan.

Begitulah aksi para 'model' yang menghiasi Instagram milik Airy Putra Leo. Pria 25 tahun yang berdomisili di Makassar ini memiliki hobi unik, yakni memotret boneka Barbie dan sejenisnya.  

Lantas apa yang membuatnya begitu senang memotret boneka?

Hobi tersebut berangkat dari kegemarannya menyaksikan 'America's Next Top Model', reality show pencarian model berbakat Amerika besutan supermodel Tyra Banks.

"Waktu itu Aku masih SMA. Aku lihat hasil pemotretannya, kok bagus-bagus ya. Ingin buat foto seperti itu, tapi mana mungkin," ujar Leo di ujung telepon kepada Wolipop belum lama ini.

Namun alumnus Universitas Pelita Harapan ini tidak habis akal. Muncul ide untuk memotret boneka Barbie dengan memanfaatkan kamera ponsel. Ketika itu, Leo belum memiliki boneka. Berbekalkan uang tabungan untuk membeli boneka Barbie keluaran Mattel pertamanya seharga Rp 300 ribuan dan ponsel berkamera, akhirnya terwujudlah ide tersebut.

"Hasil awalnya sih nggak memuaskan karena kualitas kameranya jelek dan aku juga belum begitu paham tentang memotret boneka," ungkap Leo.

Ia pun termotivasi menabung untuk membeli kamera digital yang lebih mumpuni. Sembari menabung, Leo tetap memotret dengan kamera ponsel yang ada. Hasil jepretan itu lalu ia pamerkan di Facebook-nya. Tanpa disengaja, Facebook mempertemukan Leo dengan mereka yang memiliki hobi serupa dengannya.

Ada yang hobi memotret boneka atau hanya mendesain gaun-gaun modis khusus boneka. Ada pula yang menyukai keduanya. Dari pertemuan itu, mereka saling bertukar informasi tentang boneka.

Akhirnya setelah menabung selama setahun, Leo mampu membeli kamera digital impiannya agar hasil lebih sesuai harapan.

Bukan sekedar memotret, Leo memerhatikan setiap detailnya, mulai dari pilihan busana, makeup dan hair-do, bahkan hingga lokasi pemotretan.

Untuk urusan riasan wajah dan gaya rambut, Leo sendiri yang melakukannya. Karena tidak bisa membuat gaun boneka, ia meminjamnya dari kenalannya di Facebook yang memang piawai membuat gaun boneka.

Begitu pula untuk properti pelengkap lainnya, seperti aksesori atau furnitur, juga merupakan hasil pinjaman. Uniknya untuk pencahayaan, Leo hanya menggunakan lampu belajar meja dan cermin guna memaksimalkan pantulan cahaya agar menyerupai efek lampu studio.

Meski berbekalkan perlatan yang sederhana, hasil jepretannya hampir menyerupai gambar-gambar editorial profesional yang biasa terpampang di halaman majalah fashion atau papan iklan. Bedanya, modelnya adalah boneka. Tengok saja akun Instagram Leo, @LeoChris91, yang kini memiliki 8.700an pengikut.

Di situ terdapat 858 posting yang hampir semuanya adalah foto-foto aksi para boneka. "Itu belum semua, karena masih ada yang belum unpublished. Mungkin jumlah foto bisa mencapai lebih dari 1000an,"  kata sulung dari dua bersaudara ini. Koleksi bonekanya juga sudah berjumlah puluhan buah.  

Dari sekian banyak foto, ada beberapa yang menjadi favoritnya. Salah satunya adalah foto yang menampilkan boneka bergaun merah dengan latar belakang yang menyerupai semburan api. "Itu api nyata lho. Alatnya simpel cuma parfum sama lilin. Parfum cukup disemprotkan ke arah lilin untuk memberikan efek semburan," ungkapnya.

Leo juga menyebut foto boneka putri duyung sebagai favoritnya. Di foto itu, boneka yang tampil ala putri duyung itu benar-benar berpose dari dalam air. "Bonekanya aku masukkan ke dalam rak kulkas yang transparan yang sudah terisi air. Lalu aku foto dari luar," ujar Leo.

Unik dan mengesankan, buah karya Leo mendapat apresiasi dari banyak orang, tanpa terkecuali para pesohor, termasuk Tyra Banks. Iseng-iseng berhadiah, ia pernah mencantumkan (tag) nama akun Instagram Tyra di salah satunya fotonya. Secara mengejutkan, Tyra meresponnya.

"Aku lupa fotonya apa. Kaget pas lihat Tyra kasih komentar emoji hati. Saat itu aku lagi nyetir. Rasanya campur aduk. Senang, kaget, terharu, sama pengin teriak. Hehe," kenang Leo.

Selain Tyra, karyanya juga dikagumi Tex Saverio sampai-sampai sang desainer kondang meminta Leo untuk memotret boneka-boneka yang tampil dalam balutan busana ready-to-wear versi mini karyanya.

Terlepas dari banyaknya apresiasi itu, Leo belum berminat menjadikan hobinya itu sebagai mata pencaharian. Misal, menjadi fotografer fashion mengingat ia sesekali memotret model nyata.  "Kapasitasku belum sampai ke sana," ujar pria yang saat ini berkarier di bidang fashion marketing. (dng/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com