Senin, 11/04/2016 13:05 WIB

Intimate Interview

Wirda Mansur, Putri Yusuf Mansur yang Berhenti ke Sekolah demi Hafal Al-Qur'an

Intan Kemala Sari - wolipop
Wirda Mansur, Putri Yusuf Mansur yang Berhenti ke Sekolah demi Hafal Al-Quran Foto: Dok. Instagram Wirda
Jakarta - Nama Wirda Mansur mungkin mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun di kalangan remaja, gadis 17 tahun itu adalah sosok populer yang diidolakan dan menjadi panutan mereka.

Gadis yang memiliki nama asli Wirda Salamah Ulya ini memang lebih dikenal dengan nama Wirda Mansur. Ia merupakan anak dari pendakwah Yusuf Mansur. Di usianya yang masih tergolong belia, Wirda sudah menjadi seorang penghafal Al-Qur'an (Hafizah) dan sudah menghafal sampai 30 juz.

Saat berbincang-bincang dengan Wolipop di acara Hijab Day yang diadakan di The Hall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (9/4/2016), gadis kelahiran 2001 ini mengatakan bahwa ia memilih untuk berhenti sekolah demi menghafal Al-Qur'an. "Sejak umur 9 atau 10 tahun aku sudah mulai menghafal Al-Qur'an, tapi aku pilih untuk berhenti sekolah karena merasa kurang waktunya untuk hafalan," tutur Wirda.

Namun bukan berarti ia tidak peduli akan pendidikan wajibnya. Wirda lebih memilih untuk belajar dengan sistem home schooling agar bisa mengatur waktu lebih fleksibel. Tetapi tak bisa dipungkiri, banyak omongan-omongan kurang sedap yang beredar tentang dirinya yang lebih memilih berhenti sekolah demi menghafal Al-Qur'an.

"Sebenarnya aku juga seperti di-bully atau di-judge, tahu kan kalau orang ambil ijazah paket seperti apa? Tapi aku nggak peduli. Ini hidupku dan aku rasa nggak ada salahnya juga," tambahnya.

Selain belajar dan menghafal Al-Qur'an, anak pertama dari dua bersaudara ini juga aktif menjadi pengajar Al-Qur'an. Bahkan, karena kemampuannya menghafal kitab suci umat Islam tersebut, ia berkesempatan untuk mengajar di luar negeri.

Sejak usia belia, Wirda sudah terbang ke luar negeri memenuhi undangan untuk mengajar para remaja. Beberapa negara sudah ia sambangi, mulai dari Hongkong, Korea, Singapura, Bahrain, Qatar, hingga Amerika Serikat.

"Aku merasa beruntung karena ketika aku masuk di dunia Al-Al-Qur'an ini aku bisa keliling luar negeri tanpa keluar biaya sama sekali. Aku di undang ke sana dan mereka meminta aku datang mengajar," lanjut gadis yang pernah tinggal di Amerika selama lima bulan ini.

Untuk menghafal Al-Qur'an, Wirda punya cara tersendiri. Satu ayat yang dibacanya diulang-ulang hingga seribu kali. Diakuinya saat menghafal pertama kali, banyak kesulitan dan rintangan yang dialaminya. Bahkan ia sempat putus asa namun tetap bertahan untuk menghafal.

"Motivasi aku menghafal Al-Qur'an adalah orangtua. Aku mikir aku nggak punya jaminan untuk diri sendiri di akhirat. Bagaimana aku mau menjamin orangtua dan keluarga? Awal hafalin Al-Qur'an susah banget, harus jatuh bangun dulu," katanya lagi.

Meski demikian, Wirda pun tidak berbeda dengan gadis-gadis remaja seusianya. Ia pernah menyukai seseorang dan sempat dibuat galau karena seorang pria. "Aku pernah suka sama seseorang dan it drives me crazy, aku sampai nangis. Tapi itu hal biasa dan aku bisa melewatinya," tutup wanita yang hobi bernyanyi ini sebelum mengakhiri pembicaraan. (itn/itn)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com