Jumat, 08/04/2016 08:55 WIB

Liputan Khusus Endorsement

Mulai dari Rp 50 Ribu Hingga Rp 25 juta, Ini Tarif Endorse Selebgram

Intan Kemala Sari - wolipop
Mulai dari Rp 50 Ribu Hingga Rp 25 juta, Ini Tarif Endorse Selebgram Foto: Dok. Tyas Mirasih via Instagram (@tyasmirasih)
Jakarta - Selain populer di Instagram berkat foto-foto yang diunggahnya dan followers yang mencapai ratusan ribu, para selebgram (selebriti Instagram) seolah memiliki 'pekerjaan' baru melalui akun sosial media tersebut. Mereka banyak menerima endorsement dari berbagai online shop yang ingin mempromosikan barang dagangannya melalui akun selebgram tersebut.

Rupanya, jasa promosi tersebut tidak dilakukan dengan cuma-cuma. Para online shop harus membayarkan sejumlah uang kepada selebgram sebagai imbalan karena telah memprosikan produk yang dijualnya. Lantas berapa jumlah yang harus dikeluarkan jika ingin endorse selebgram?

Tarif tersebut tentunya beragam untuk setiap selebgram yang akan di-endorse. Terlebih lagi jika endorsement tersebut dikelola oleh sebuah agen endorsement profesional, salah satunya adalah Iconic Sister.

Jasa pengelola endorsement yang digawangi oleh kakak-beradik Zera, Dara, dan Ega tersebut mengatur endorsement beberapa selebriti dan dan selebgram, sebut saja Tyas Mirasih, Ayu Ting-ting, Nabila Syakieb, Shandy Aulia, dan lain-lain. "Untuk fee endorsement dari Rp 50 ribu sampai Rp 25 juta," tutur Zera saat dihubungi Wolipop via e-mail, Rabu (6/4/2016).

Zera mencontohkan, salah seorang selebriti yang memiliki lebih dari 8 juta followers di Instagram memiliki tarif kisaran di atas Rp 8 juta jika ada online shop yang ingin mengendorsenya. Foto endorse tersebut akan disimpan selama dua minggu di akun Instagram sang selebriti. Ketentuan lainnya yang harus diperhatikan adalah sang selebriti tidak menerima produk berupa barang tiruan dan bikini.

Lain halnya dengan Sarah, seorang wanita yang mengelola online shop @deadly_gorgeous yang menjual celana katun. Ia mengatakan bahwa pernah mengendorse beberapa selebgram hingga bintang sinetron. Jumlah biaya yang dikeluarkannya menurutnya masih cukup terjangkau karena tidak pernah lebih dari Rp 300 ribu.

"Biasanya kisaran Rp 75 ribu sampai Rp 200 ribu. Kami semaksimal mungkin tidak endorse yang bujetnya terlalu tinggi karena endorse itu efektifitasnya tidak bisa dipastikan jadi kami harus atur bujet yang dikeluarkan untuk endorse," terangnya saat dihubungi Wolipop, Selasa (5/4/2016).

Ditambahkannya, terkadang ia dan timnya juga mendapatkan selebgram yang tidak memungut bayaran ketika di-endorse. Misalnya saja aktris Ardina Rasti. Rasti adalah aktris pertama yang di-endorse secara cuma-cuma tanpa meminta bayaran.

"Tapi ada juga selebgram yang kami endorse awalnya tidak bayar, sekarang dia pasang tarif Rp 75 ribu per online shop dan per foto. Followersnya sudah 46 ribu," lanjutnya.

Salah seorang selebgram yang kerap di-endorse oleh beberapa brand ternama, Olivia Lazuardi menuturkan, tarif yang ditetapkanya ditentukan berdasarkan seberapa besar proyek endorsement tersebut. Misalnya saja untuk merencanakan kontennya seperti apa dan bagaimana proses eksekusinya. (itn/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com