Jumat, 18/03/2016 10:49 WIB

Tips Makan Sehat dari Pakar Nutrisi untuk Dapatkan Berat Badan Ideal

Hestianingsih - wolipop
Tips Makan Sehat dari Pakar Nutrisi untuk Dapatkan Berat Badan Ideal Foto: Thinkstock
Jakarta - Diet sehat tidak selalu dilakukan untuk menurunkan berat badan. Melengkapi kebutuhan nutrisi dari makanan bergizi tinggi dan rendah kalori akan membantu Anda dapatkan berat badan yang ideal.

Ya, sehat, bukan berarti tubuh harus super langsing bak model catwalk. Tapi ada keseimbangan komposisi tubuh antara otot, lemak, air, dan berbagai komponen lainnya.

Bagaimana cara makan yang sehat? Menurut pakar penelitian soal diet dan nutrisi Kristin L. Morris, Ph.D., setiap individu memiliki kebutuhan makanan yang berbeda. Namun secara umum, ilmuwan lulusan University of Tennessee, Knoxville, Amerika Serikat ini menyarankan untuk mengonsumsi makanan berbagai warna.

"Makan buah dan sayuran dengan berbagai warna. Ya, kita perlu 'warna-warni' dalam diet kita," ujar Kristin, saat berbincang dengan Wolipop di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca Juga: 50 Inspirasi Busana untuk Kondangan

Kristin kembali menjelaskan, setiap warna sayur dan buah yang berbeda, mengandung nutrisi yang berbeda pula. Tomat dan wortel misalnya, kaya akan beta-karoten (pigmen yang memberi warna merah atau oranye), jenis antioksidan yang mampu mencegah penuaan dan menjaga kesehatan mata.

Lain lagi dengan terung, anggur, atau makanan lain yang berwarna ungu, umumnya mengantongi antosianin, senyawa yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Makanan berwarna ungu juga kaya akan vitamin A, C, E, K, dan D yang berkhasiat menjaga kesehatan mata hingga tulang.

"Sangat penting untuk mendapatkan buah-buahan dan sayuran yang warnanya berbeda-beda. Selain itu kita juga perlu makanan kaya serat dan itu datang dari buah dan sayur," pungkas Kristin.

Selain buah dan sayur, tubuh juga perlu asupan protein jenis nabati maupun hewani. Untuk protein hewani, pilih yang sehat seperti daging ayam, telur dan daging merah minim lemak. Kebutuhan karbohidrat juga harus dipenuhi, minimal 40 persen dari kecukupan gizi harian. Asuplah karbohidrat sehat dari nasi merah, gandum atau biji-bijian. Sementara lemak, bisa didapat dari minyak zaitun, salmon atau kacang-kacangan. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com