Jumat, 26/02/2016 17:47 WIB

Merrie Elizabeth, Pebisnis Salon Asal Indonesia yang Masuk Daftar Forbes

Intan Kemala Sari - wolipop
Merrie Elizabeth, Pebisnis Salon Asal Indonesia yang Masuk Daftar Forbes Foto: Dok. Merrie Elizabeth
Jakarta - Sebanyak 16 anak muda asal Indonesia masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 di kawasan Asia. Salah satu nama yang berhasil masuk adalah Merrie Elizabeth, pemilik sekaligus pendiri BloBar, sebuah salon kecantikan berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan yang memfokuskan pada pewarnaan rambut dan blowdry express.

Saat berbincang dengan Wolipop, Jumat (26/2/2016), wanita 28 tahun ini mengaku sangat bangga dan merasa terhormat karena berhasil masuk ke daftar tersebut. Ia menuturkan, untuk bisa tampil di majalah bisnis ternama tersebut tidaklah mudah karena diperlukan penyeleksian yang sangat ketat.

Berawal pada Januari 2016, di mana Merrie mendapatk email dari editor Forbes Asia yang menyatakan bahwa dirinya masuk sebagai semi finalis '30 Under 30 Asia' di kawasan Asia kategori Retail & E-commerce. Merrie sempat kaget karena ia tidak pernah merasa mendaftarkan dirinya pada ajang tersebut.

"Saya juga berpikir yang masuk ke dalam daftar itu adalah yang bisnisnya sudah sukses dan menghasilkan. Sedangkan saya bisnisnya baru berjalan setahun dua bulan dan omzet juga tidak sampai jutaan dollar," tutur wanita lulusan S-2 Prasetiya Mulya Business School ini.

Namun setelah berbincang dengan perwakilan dari Forbes Asia yang berpusat di Hongkong, rupanya yang dilihat bukanlah seberapa besar omzet yang diperoleh. Penjurian dinilai dari seberapa aktif dirinya mengurusi startup tersebut dan aktif pula di sosial media.

"Cara mereka seleksi daftar itu mengumpulkan info melalui Forbes di masing-masing negara, termasuk Indonesia. Ada beberapa rekan jurnalis yang merekomendasikan saya," tutur wanita berambut panjang ini.

Selang beberapa waktu, dirinya diminta untuk mengumpulkan foto terbaru dan profil singkat serta deskripsi bisnis yang dijalani. Dua hari lalu, Rabu (24/2/2016), Merrie mendapat informasi bahwa tahap penjurian sudah selesai dan pihak Forbes Asia akan menyusun daftar-daftarnya untuk diumumkan sehari setelahnya. Tanpa disangka, namanya masuk dalam daftar tersebut.

"Nantinya akan ada banyak keuntungan yang bisa didapat 30 orang itu. Salah satunya, di bulan Mei akan ada konferensi di Singapura yang dihadiri oleh mereka yang terpilih, termasuk saya," katanya lagi.

Merrie menjelaskan, daftar '30 Under 30 Asia' ini rupanya dibuat Forbes sebagai langkah untuk mendekatkan diri pada kaum muda. Karena selama ini, paradigma yang ada pebisnis sukses adalah mereka yang sudah menghasilkan keuntungan besar.

Melalui daftar ini pula, ia berharap bisa terus mengembangkan salonnya dan menciptakan tren-tren pewarnaan rambut terbaru. Atas usahanya ini, BloBar pernah mendapatkan penghargaan sebagai best colorist salon se-Indonesia.

"Kami ingin mengembangkan kemampuan stylist di tempat kami. Jadi stylist bukan sekadar 'tukang' potong rambut dan warnai rambut, tapi mereka bisa menjadi seniman dengan salon sebagai studionya," tutup Merrie.

Forbes '30 Under 30 Asia' berisikan deretan anak muda yang bermukim di kawasan Asia, yang dinilai sebagai pemimpin muda yang menjanjikan, pengusaha andal ataupun game changer. Ada 10 kategori dalam daftar yang disusun Forbes.

Meliputi kategori Entertainment & Sports, The Arts, Media, Marketing & Advertising, Retail & Ecommerce, Finance & Venture Capital, Enterprise Tech, Consumer Tech, Social Entrepreneurs, Manufacturing & Energy serta yang terakhir Healtcare & Science. Masing-masing kategori berisi 30 nama, sehingga total ada 300 nama yang masuk dalam daftar tersebut. (int/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com