Kamis, 25/02/2016 19:15 WIB

9 Cara Alami yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Sup Ayam Hingga Tertawa

Hestianingsih - wolipop
9 Cara Alami yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Sup Ayam Hingga Tertawa Foto: Thinkstock
Jakarta - Daya tahan tubuh yang kuat bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun ada kalanya imunitas menurun sehingga Anda mudah terserang flu atau penyakit lainnya. Mengonsumsi pil atau kapsul suplemen bisa menjadi solusi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi cara terbaik untuk menjaga sistem imun adalah dengan menjalani gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat yang dijalani secara rutin tentu akan memberikan efek lebih lama ketimbang hanya sesekali meminum suplemen. Ini sembilan cara mudah yang bisa Anda lakukan sehari-hari agar sistem imun selalu terjaga kekuatannya.  

1. Jam Tidur Teratur
Usahakan untuk selalu tidur di waktu yang sama setiap malamnya, dan biasakan tidak tidur terlalu larut. Dikutip dari Mayoclinic, sebuah penelitian menunjukkan kebiasaan begadang bisa mengganggu sistem imun tubuh, membuat Anda mudah terserang virus dan tubuh jadi lebih sulit untuk melawannya. Idealnya, durasi tidur yang sehat dan disarankan adalah 7-8 jam di malam hari.

2. Tambah Asupan Bawang Putih
Makan bawang putih setiap hari tidak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga mencegah penyakit jantung, berdasarkan studi yang dilakukan University of Maryland Medical Center. Anda tidak harus makan bawang putih dalam keadaan mentah dan utuh. Tapi sebagai bumbu penyedap dalam masakan, hanya saja jumlahnya bisa ditambah. Bawang putih kaya akan antioksidan dan zal allicin yang melawan dan mengurangi kerusakan pada tubuh, disebabkan radikal bebas dari waktu ke waktu.

3. Minum 'Ramuan' Sehat
Anda bisa membuat minuman 'tonik' sendiri dari campuran air lemon, madu, jahe dan kunyit yang diseduh dengan air hangat. Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Evidence-Based Complementari and Alternative Medicine, madu tinggi kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh alami. Jahe, mengandung antioksidan yang berperan sebagai antivirus dan banyak digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Sementara jus lemon tinggi akan vitamin C untuk cegah pilek dan kunyit mengandung curcumin, zat yang bisa mengatur kestabilan imun tubuh.  

4. Makan Sup Ayam
Tidak hanya lezat disantap, sup ayam juga kaya akan nutrisi yang membantu tubuh lebih kuat menghadapi gangguan kesehatan ringan. Berdasarkan studi dari University of Nebraska Medical Center, sup yang mengandung ayam dan sayuran punya efek anti peradangan ringan. Sup yang berisi ayam, bawang merah/bawang putih, kentang, wortel, seledri, garam dan merica telah terbukti memperlambat migrasi sel-sel darah putih ke saluran pernapasan sehingga membantu meredakan gejala pilek.

5. Rajin Olahraga
Berdasarkan data dari US National Library of Medicine, aktif bergerak bisa membantu membuang bakteri penyebab penyakit dari paru-paru. Hal ini menurunkan risiko terkena penyakiy yang berhubungan dengan udara dan sistem pernapasan. Olahraga juga melancarkan sirkulasi sel-sel darah putih, memungkinkan tubuh Anda mendeteksi penyakit lebih dini.

6. Minum Teh
Minum teh di pagi atau sore hari bisa menimbulkan efek relaksasi sekaligus meningkatkan kesehatan. Sebuah studi yang dilaporkan dalam National Geographic menunjukkan, teh mengandung senyawa yang disebut alkylamine yang menguatkan sistem imun, membantu melawan infeksi. Teh juga kaya akan flavonoid, zat antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh.

7. Sarapan Yoghurt
Probiotik yang terkandung dalam yoghurt tidak hanya melancarkan sistem pencernaan tapi juga memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Science and Medicine in Sport, atlet yang mengonsumsi probiotik risikonya 40 persen lebih kecil terkena pilek dan infeksi usus. Yoghurt juga kaya akan vitamin D yang ikut membantu meningkatkan kinerja sistem imun.

8. Berjemur Matahari Pagi
Paparan sinar matahari akan mengaktifkan vitamin D pada tubuh yang selain bisa menguatkan tulang juga peningkat alami daya tahan tubuh. Berjemurlah saat matahari belum terlalu terik, sekitar pukul 7-9 pagi. Cukup berjemur selama 15 hingga 20 menit agar tidak terkena efek buruk sinar matahari yang menyebabkan kanker kulit.

9. Banyak-banyak Tertawa
Stres merupakan salah satu pemicu datangnya berbagai macam penyakit. Untuk itu, redakan stres dengan lebih banyak tertawa. Misalnya dengan menonton tayangan atau film komedi, berlibur, kumpul bersama keluarga dan teman atau memanjakan diri sendiri di tempat spa. Studi menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara signifikan, menurunkan tingkat stres dan membuat Anda berpikir lebih positif. (hst/dng)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com