Senin, 25/01/2016 15:45 WIB

10 Resolusi Tahun Baru untuk Rumah yang Lebih Nyaman & Aman

Daniel Ngantung - wolipop
10 Resolusi Tahun Baru untuk Rumah yang Lebih Nyaman & Aman Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Tahun baru boleh saja berlalu beberapa pekan silam, tapi itu bukan berarti Anda telat untuk membuat sebuah resolusi tahun baru. Apalagi jika itu berkaitan dengan kehidupan Anda sehari-hari, hunian salah satunya. Better be late than never, bukan?

Dilansir dari Lifehack.org, berikut 10 resolusi tahun baru agar hunian Anda lebih nyaman dan aman bagi seluruh anggota keluarga:

1. Mengurangi Konsumsi Energi
Tidak ada salahnya untuk mengawali tahun yang baru ini dengan membiasakan perilaku hemat energi di rumah. Di samping ramah lingkungan, bijak menggunakan listrik dan air turut mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

Jika mengaplikasikan panel surya di atap atau mengenderai mobil hybrid terdengar berlebih, ada cara lain yang lebih sederhana. Semisal, mematikan lampu atau peralatan elektronik jika tidak dipakai, dan mematikan air keran saat sedang sikat gigi.

2. Hadirkan Dapur yang Sehat & Ramah Bagi Keluarga
Selain tempat memasak, dapur juga bisa menjadi pusat anggota keluarga berkumpul dan bercengkerama. Oleh karena itu, jangan abaikan kenyamanan dan kebersihan dapur. Rapikan dapur, buang produk makanan yang sudah kedaluwarsa, isi dapur dengan produk yang menyehatkan dan letakan di tempat yang mudah dijangkau. Pastikan pula, resep makanan favorit juga keluarga tersedia di dapur.

3. Jaga Kualitas Udara di Dalam Ruangan
Kualitas udara ruangan adalah salah satu indikator penting dari kualitas lingkungan rumah Anda. Udara yang telah terkontaminasi polusi tentu saja akan sangat membahayakan kesehatan keluarga. Untuk menetralisirnya, pemakaian air purifier bisa menjadi solusi. Jika memungkinkan, pasang pengisap udara di dapur untuk meminimalisir polusi asap dari aktivitas memasak Anda. Jika kebetulan hendak merenovasi rumah, gunakan cat dengan kandungan VOC yang rendah agar tidak menimbulkan bau yang menyengat.

4. Gunakan Material yang Tahan Lama
Ganti perabotan lama dengan sesuatu yang mudah dirawat dan berusia panjang. Contohnya, bohlam LED yang bisa bertahan 18 sampai 46 tahun dengan pemakaian rata-rata 3 jam setiap hari. Perihal dekorasi, penggunaan tanaman tiruan jika waktu Anda terlalu berharga hanya untuk menyiram tanaman. Pemakaian keramik di dinding juga tidak memerlukan perawatan yang intens. Dengan begitu, selain menghemat biaya perawatan, Anda juga lebih produktif karena waktu Anda tidak terbuang sia-sia hanya untuk merawat atau memperbaiki perabotan rumah tangga.

5. Pastikan Rumah Anda Tetap Aman
Rumah boleh saja nyaman, tapi jangan lupakan faktor keamanan keluarga dari berbagai ancaman bencana. Tidak ada salahnya jika anda memasang alat pendeteksi asap dan api. Pastikan pula sistem ventilasi rumah Anda baik, meminimalisir bahaya jika terjadi kebocoran gas. Ancaman juga bisa datang dari orang yang berniat mencuri. Sebagai solusi, tersedia berbagai macam alarm khusus untuk pintu dan jendela.

6. Jaga Rumah Tetap Rapi
Rumah yang nyaman akan membuat penghuninya betah berlama-lama di dalamnya. Rasa nyaman itu bisa diwujudkan dengan penataan rumah yang rapi. Jika rumah berantakan lantaran tempat sudah tidak memadai lagi untuk menyimpan barang, saatnya Anda melakukan 'detoksifikasi'. Buanglah barang-barang yang sekiranya sudah tidak Anda perlukan lagi.

7. Buat Proyek yang Melibatkan Anggota Keluarga
Tidak perlu menunggu liburan panjang lalu berlibur ke luar kota, hanya untuk merasakan waktu yang berkualitas bersama keluarga. Anda bisa memulainya di rumah. Buat semacam proyek kecil-kecilan untuk mempercantik rumah sekaligus menyenangkan dan menarik bagi seluruh anggota keluarga. Semisal, membikin dekorasi kamar atau menanam pohon dan kembang di halaman rumah.

8. Atur Jadwal Merapikan & Membersihkan Rumah
Masih berkaitan dengan soal merapikan rumah. Untuk urusan yang satu ini, hampir semua orang malas melakukannya. Mulai sekarang, berkomitmenlah untuk rutin merapikan dan membersihkan rumah Anda. Agar lebih mudah, buat semacam jadwal, bisa harian, mingguan atau bulanan.

Saat sedang berberes, ada baiknya untuk fokus pada satu area saja. Misal, Anda bisa memulainya dengan membersihkan pintu dan jendela dulu baru menyapu. Libatkan pula seluruh anggota keluarga dengan membagi tugas kepada mereka agar timbul pula rasa tanggung jawab.

9. Siapkan Bujet Khusus untuk Rumah
Awal tahun adalah saat yang tepat untuk merencanakan keuangan untuk setahun ke depan. Dalam perencaan tersebut, alokasikanlah dana untuk peningkatan dan perawatan rumah Anda. Dengan begitu, Anda akan meminimalisir masalah overspending.

10. Hadirkan Rumah yang Nyaman Bagi Keluarga & Kerabat
Jika tahun ini Anda beresolusi untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan kerabat, Anda bisa memulainya di rumah. Salah satu caranya, perbanyak area duduk di ruangan mereka biasa berkumpul agar lebih nyaman. Suasana pun akan semakin akrab dan hangat.

(dng/dng)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com