Rabu, 30/12/2015 16:40 WIB

The Fabulist 2015

7 Inovasi Gadget Unik yang Diciptakan Sepanjang 2015

Hestianingsih - wolipop
7 Inovasi Gadget Unik yang Diciptakan Sepanjang 2015 Foto: ist
Jakarta - Inovasi di dunia teknologi selalu berkembang tak hanya hitungan tahun tapi juga bulan. Ada saja alat-alat canggih yang diciptakan untuk lebih memudahkan kehidupan manusia. Beberapa diantaranya bahkan ada yang sangat unik sehingga tak jarang menimbulkan decak kagum ataupun terheran-heran. Sepanjang 2015 ini, Wolipop telah merangkum berbagai inovasi gadget unik yang pernah diciptakan. Apa saja?

1. The Stir Kinetic Desk M1

Meja pintar ini bisa berubah jadi lebih tinggi ketika penggunanya dianggap sudah duduk terlalu lama. Meja ini bisa mempelajari kapan waktu yang tepat Anda harus bergerak, karena duduk terlalu bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Meja kerja ini juga memiliki layar sentuh sebesar 5 inci yang bisa mengatur tinggi-rendahnya kaki-kaki meja. Hanya dengan dua kali meng-klik tombol pada layar sentuh, meja pintar ini akan mengubah tingginya secara otomatis.

Meja ini pun dilengkapi fitur Whisperbreath yang akan mengeluarkan suara seperti berbisik, lalu meja akan jadi lebih tinggi hingga 1 inci. Tak hanya mengingatkan untuk lebih banyak bergerak, Stir Kinetick Desk juga bisa memonitor data kesehatan penggunanya seperti berapa jumlah kalori yang terbakar setiap hari, bulan hingga tahun.

2. WearSens

Kalung yang disebut sebagai 'diet choker' ini diklaim bisa memonitor apa pun yang masuk dari mulut ke tenggorokan, dan memberi peringatan jika pemakainya sudah makan terlalu banyak. WearSens sendiri berbentuk seperti lingkaran metal berwarna silver yang dikenakan di leher. Pada bagian tengahnya terdapat sensor untuk mendeteksi getaran di tenggorokan yang bisa membedakan apakah Anda sedang makan atau minum. Kalung ini terhubung dengan aplikasi smartphone yang akan bergetar ketika asupan kalori Anda sudah melebihi batas jumlah kalori yang diperlukan dalam sehari.

3. Vessyl

Vessyl, adalah gelas minum 'pintar' dilengkapi dengan sensor yang bisa mengetahui apa pun jenis cairan yang dituangkan ke dalamnya. Seperti halnya alat pengetes rasa berteknologi tinggi, Vessyl tidak hanya bisa membedakan antara minuman soda, jus buah atau susu cair tapi juga mendeteksi kandungan di dalamnya. Berapa banyak kalori, kandungan protein, gula hingga kafein. Saat tutupnya dipasang, layar LED pada bagian luar gelas akan menunjukkan informasi nutrisi hanya dalam lima detik setelah minuman dituangkan.  Gelas ini dijual secara online mulai dari USD 99 atau sekitar Rp 1 jutaan hingga USD 199 atau Rp 2,5 juta.

4. Technopicnic

Di dalam Technopicnic terdapat meja portable, sofa, speaker, slot USB, lampu hingga layar LCD untuk berbagi pengalaman perjalanan lewat dunia digital. Di dalam tas tersebut juga terdapat panel solar sebagai tenaga listrik, serta speaker jika traveler ingin mengadakan pesta kecil di perjalanan. Dilengkapi pula dengan layar LCD untuk menerima pesan teks melalui koneksi bluetooth.

5. BedJet

BedJet, merupakan sebuah sistem pendingin, penghangat dan pengontrol suhu yang dibuat khusus untuk dipasang pada tempat tidur. Uniknya, Bedjet juga bisa berfungsi sebagai alarm. Sistem alarm ini akan membangunkan sesuai jam biologis manusia. Setelah waktu bangun tidur dipasang oleh pengguna, sistem ini akan mendeteksi suhu alami manusia dan membuatnya terbangun dengan menaikkan sedikit suhu di bawah matras. Tidak hanya membangunkan, BedJet yang dilengkapi dengan koneksi Bluetooth juga bisa diatur agar penggunanya lebih cepat tertidur.

6. Warm Series

Warm Series merupakan insole (sol bagian dalam sepatu) yang bisa menghangatkan kaki. Suhu insole bisa dikontrol tingkatannya menggunakan aplikasi yang telah diunduh pada smartphone. Produk ini diklaim sebagai insole pertama dengan penghangat yang bisa terhubung dengan smartphone. Insole ini ditanamkan thermostat yang berfungsi mengontrol temperatur. Jadi ketika suhu pada kaki menurun, thermostat akan langsung menaikkan temperatur sesuai yang telah diatur sebelumnya oleh pengguna.

7. Athena

Gadget berbentuk aksesori ini merupakan alarm yang bisa memperingatkan orang-orang terdekat jika si pemakainya ada dalam bahaya. Alat canggih dengan teknologi bluetooth ini berbentuk bulat dan berwarna hitam. Namun di bagian tepinya dihadirkan beberapa pilihan warna, seperti silver, hitam, dan emas sehingga lebih menarik untuk dijadikan aksesori. Setelah tombolnya ditekan, Athena akan mengirimkan pesan kepada sejumlah teman atau keluarga yang sudah disimpan sebelumnya di aplikasi ROAR for Good. Si penerima kemudian akan diberikan lokasi keberadaan pemakai sehingga bisa melacak dan menghampiri korban. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com