Senin, 07/12/2015 19:25 WIB

6 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Bekerja di Rumah Tak Membosankan

Rahmi Anjani - wolipop
6 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Bekerja di Rumah Tak Membosankan Dok. Thinkstock
Jakarta - Bekerja dari rumah memang kedengarannya menyenangkan. Anda tak perlu merasakan kemacetan setiap pagi dan sore harinya sehingga mengurangi rasa stres dan biaya transportasi. Para karyawan 'rumahan' juga tak perlu menghadapi kondisi kurang kondusif yang sering ditimbulkan rekan-rekan. Terlepas dari hal itu, bekerja dari rumah bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Jika tidak tepat dalam mengatur waktu, Anda malah bisa kewalahan. Sementara tidak adanya rekan kerja dapat membuat Anda merasa bosan. Agar tak mudah jenuh, coba terapkan lima hal berikut ini yang dilansir My Domaine:

1. Punya Tempat Kerja
Tidak adanya rekan dan atasan bisa membuat Anda bosan kemudian mengerjakan hal kurang penting seperti browsing internet. Hal tersebut bisa membuat pekerjaan tertunda. Untuk menghindarinya, usahakan untuk tidak mengerjakan tugas di kamar yang membuat Anda bermalasan. Bekerjalah di sebuah ruangan atau meja khusus agar lebih berkonsentrasi.

2. Hangout Setelahnya
Wajar jika Anda merasa jenuh setelah bekerja sendirian seharian. Untuk itu, jangan hanya berdiam diri setelah mengerjakan tugas. Meski sudah lelah, ada baiknya untuk tidak langsung pergi ke tempat tidur untuk beristirahat. Anda bisa menyempatkan waktu untuk hangout bersama teman-teman sepermainan atau rekan kerja di perusahaan sebelumnya. Lakukanlah berbagai hal yang biasanya dikerjakan orang kantoran.

3. Telepon Boss
Karena Anda tidak bertatap muka dengan atasan setiap hari, pastikan jika komunikasi tetap berjalan lancar. Salah satu caranya adalah dengan menghubungi bos secara rutin paling tidak seminggu sekali. Sebagian dari Anda mungkin berpikir jika hal itu bisa dilakukannya dengan email. Namun ada baiknya untuk berbicara secara langsung melalui telepon sehingga lebih jelas. Namun jangan terlalu lama menggunakan handphone karena akan mengulur waktu kerja.

4. Ajak Teman Kerja Bersama
Punya teman yang sama-sama bekerja di rumah? Coba ajak dia mengerjakan tugas kantor bersama. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak bosan sendirian. Kawan itu bisa diajak mengobrol dan mendiskusikan berbagai hal. Anda juga dapat memintanya menemani pergi ke salon atau tempat makan kesukaan. Namun hindari melakukan hal itu setiap hari karena ditakutkan akan mengganggu pengerjaan tugas.

5. Keluar Rumah
Untuk semakin menghemat pengeluaran, banyak pekerja menyantap makan siang di rumah. Namun agar tidak bosan, coba sesekali makan di luar. Tak perlu mengunjungi restauran yang terlalu jauh, Anda bisa mendatangi kafe atau kantin yang dekat dengan rumah. Karena yang Anda inginkan bukan mencari makanan enak namun menghadirkan suasana baru.
 
6. Hadiahi Diri Sendiri
Ketika perusahaan sedang menghasilkan banyak keuntungan, mereka biasanya mengadakan makan bersama demi merayakannya. Ketika Anda bekerja sendiri, hal tersebut tentu bukan sesuatu yang sering dilakukan. Untuk itu, coba hadiahi diri sendiri dengan membeli makanan favorit atau item fashion incaran.

(ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177