Jumat, 04/12/2015 10:47 WIB

Tepis Rasa Penasaran, Soraya Larasati Mantap Pergi Umrah Seorang Diri

Intan Kemala Sari - wolipop
Tepis Rasa Penasaran, Soraya Larasati Mantap Pergi Umrah Seorang Diri Foto: Michael Cools/Wolipop
Jakarta - Umrah menjadi salah satu perjalanan spiritual yang dilakukan oleh banyak muslimah untuk meningkatkan amal ibadah mereka, terlebih lagi bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya. Ada banyak pengalaman yang tak terlupakan saat memanjatkan doa dan beribah di Tanah Suci.

Hal ini juga dialami oleh aktris sekaligus model Soraya Larasati yang menjalani umrah pertama kali pada 2010 silam. Wanita 29 tahun ini memaparkan, umrah yang dilakukannya ini semata-mata ingin menjawab rasa penasaran dan ingin tahunya tentang dunia keislaman. Soraya mengaku dirinya dulu memiliki pemahaman agama yang kurang dan tumbuh di lingkungan yang kurang mengerti akan agama.

Namun sejak 2008, perlahan-lahan dirinya sedikit banyak mulai mendalami agama. Makin lama, dirinya semakin penasaran tentang ibadah yang dilakukannya. Saat baru pertamakali belajar tentang agama, biasanya banyak orang yang mengikuti kajian agama atau pengajian, tetapi karena lingkungannya tidak bisa menuntunnya, maka Soraya memantapkan hati untuk pergi umrah terlebih dahulu.

"Kalau dalam rukun Islam kan pergi haji itu wajib, tapi aku belum percaya diri dan belum hafal doa-doa, jadi pergi umrah saja. Ibaratnya latihan dulu, sekalian mencari tahu seperti apa sih ibadah yang aku lakukan," tuturnya saat berbincang dengan Wolipop belum lama ini.

Saat pergi umrah, ada banyak sekali pengalaman spiritual yang tidak bisa dilupakannya. Umrah membuatnya lebih rajin dan tepat waktu dalam menjalani salat lima waktu. Jika di Jakarta salat lima waktu dilaksanakan dalam jangka waktu singkat, saat di Tanah Suci dirinya datang ke masjid satu jam sebelum waktu salat tiba.

Apa yang dialami Soraya ini senada dengan pendapat dari Direktur utama BNI Syariah Dinno Indiano bahwa umrah memang bisa membuat seseorang menjadi lebih baik. "Umrah itu bisa menjadi suatu yang 'berbuah' asalkan benar 'memupuknya'," tutur Dinno saat berbincang dengan Wolipop belum lama ini.

Hal positif lainnya yang dirasakan Soraya saat umrah adalah saat pegri ke Jabal Rahmah, suatu gunung yang diyakini menjadi tempat bertemunya Adam dan Hawa. Di sana, wanita yang akrab disapa Laras ini berdoa agar diberikan jodoh terbaik yang bisa membimbingnya menjadi pribadi yang lebih baik.

"Memang aku nggak saat itu dapat jodoh, tapi setelah dipikir-pikir, suami aku sekarang kan temanku yang sudah lama nggak ketemu. Setelah aku menikah aku baru kepikiran, 'oh ini dia doa yang aku sebutkan saat umrah.'," lanjut ibu satu anak ini.

Setelah umrah, pemain sinetron 'Kisah Kasih di Sekolah' ini merasa satu persatu doa-doa yang dipanjatkannya mulai terwujud. Mulai dari jodoh, karier, hingga kehidupan pribadinya dan rezeki dikabulkan meskipun tidak saat itu juga dan harus melalui halangan serta rintangan.

Laras juga tak henti-hentinya bersyukur masih bisa diberikan kesempatan untuk melihat langsung Tanah Suci. Menurutnya, suasana dan lingkungannya sangat berbeda. Lebih syahdu dan khusyuk dalam menjalankan ibadah sehingga tanpa terasa air matanya menetes dengan sendirinya.

"Di sana aku benar-benar diberikan nikmat oleh Allah. 'Nikmat Allah yang mana yang kau dustakan' itu aku ngerasain banget. Semua pertanyaan-pertanyaan dan rasa penasaranku terjawab dan memang ini yang aku inginkan," kenangnya.

Selama menjalankan umrah, istri dari Doni Amaldi ini mengaku tidak mendapatkan pengalaman buruk. Beruntungnya, meski pergi sendirian dan bermahramkan keluarga lain, semua hal berjalan dengan lancar mulai dari proses pengurusan berkas-berkas, visa, proses keberangkatan hingga kembali lagi ke Tanah Air.

Saat ditanya kapan akan kembali lagi ke Tanah Suci, wanita kelahiran 1986 ini sebenarnya berencana pergi umrah tahun lalu. Namun sayangnya sang buah hati kala itu belum bisa ditinggal karena dirinya masih menyusui.

"Mungkin nanti aku mau pergi ke sana lagi kalau anak aku sudah lebih besar. Yang jelas belum dalam waktu dekat ini karena suamiku tahun lalu juga sudah pergi umrah," tandasnya.


(int/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com