Rabu, 07/10/2015 14:35 WIB

Tips Memilih Pakaian Agar Latihan Yoga Lebih Optimal

Hestianingsih - wolipop
Tips Memilih Pakaian Agar Latihan Yoga Lebih Optimal Dok. Thinkstock
Jakarta - Yoga merupakan bentuk latihan fisik yang cukup praktis, karena tidak memerlukan banyak peralatan. Melakukannya pun bisa di mana saja, baik di dalam maupun luar ruangan bahkan di rumah, asalkan sudah tahu gerakan-gerakan yang benar.

Selain matras berkualitas baik, pakaian juga menjadi pertimbangan penting saat melakukan yoga. Pakaian harus nyaman sehingga gerakan-gerakan yoga bisa dilakukan dengan leluasa. Instruktur dan pencinta yoga, Priscilla Aliwarga memberikan beberapa tips dalam memilih pakaian yoga.

1. Elastis
Bahan pakaian harus punya tingkat elastisitas yang cukup. Kelenturan bahan cukup penting agar tubuh leluasa bergerak, terutama saat melakukan pose yoga yang sulit dan akrobatik.

2. Tidak Terlalu Ketat atau Longgar
Pakaian sebaiknya pas menempel di tubuh. Tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Pakaian yang terlalu ketat bisa membuat Anda sulit bernapas dan tidak nyaman saat tubuh mengeluarkan banyak keringat.

"Sementara baju yang terlalu longgar, saat kita melakukan gerakan seperti headstand (berdiri dengan kepala di bawah) bajunya jadi terangkat dan tubuh terekspos kemana-mana. Jadi tidak bebas," jelas wanita yang menjadi pengajar yoga sejak 2012 ini, saat ditemui dalam acara peluncuran Cuca Yoga-Inspired Activewear di Lotte Shopping Avenue, Jl. Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan, Rabu (7/10/2015).

3. Menyerap Keringat
Priscilla menerangkan, meskipun jenis latihan low-impact, yoga membuat tubuh banyak berkeringat. Semakin lambat gerakannya maka semakin banyak tenaga dan otot yang digunakan, sehingga keringat keluar lebih banyak. Untuk itu diperlukan pakaian dengan bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

4. Berpori
Serat kain harus memiliki rongga-rongga yang memungkinkan adanya sirkulasi udara. Sebagian material pakaian olahraga terbuat dari polyester dan nilon yang cenderung rapat. Sehingga keringat berkumpul di bawah baju dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Adanya pori-pori pada pakaian yoga akan membuat kulit tetap terasa nyaman dan sejuk meskipun berkeringat. Untuk mengetahui apakah material baju mempunyai cukup pori-pori bagi kulit untuk bernapas, sentuh bahan dan renggangkan.

"Dengan direnggangkan akan terlihat rongga-rongga di antara benang kainnya," tutur pemegang sertifikat instruktur yoga dari SBC Yoga Sydney dan Heritage Yoga School New Delhi ini.


(hst/aln)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com