Senin, 07/09/2015 10:03 WIB

5 Buah untuk Atasi Perut Kembung Akibat Terlalu Banyak Makan Junk Food

Hestianingsih - wolipop
5 Buah untuk Atasi Perut Kembung Akibat Terlalu Banyak Makan Junk Food Dok. Getty Images
Jakarta - Terlalu banyak makan junk food, minuman bersoda atau makanan tinggi gula bisa membuat perut kembung dan terasa tidak nyaman di keesokan paginya. Belum lagi junk food yang biasanya mengandung banyak garam juga bisa menyebabkan mata terlihat bengkak akibat penumpukan cairan. Untuk mengatasi kembung dan rasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan tidak sehat, cobalah membuat salad buah-buahan ini yang mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh.

1. Pepaya
Buah khas tropis ini mengandung enzim papain yang bermanfaat mempermudah memecah komponen makanan terutama protein, sehingga melancarkan proses pencernaan. Ketika sistem pencernaan berfungsi dengan semestinya, perut akan terhindar dari sembelit, bengkak dan penumpukan gas. Ditambah lagi pepaya juga bersifat diuretik yaitu memperbanyak frekuensi buang air kecil sehingga penumpukan cairan berlebih bisa dikeluarkan dari tubuh.

2. Nanas
Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain. Enzim ini membantu memecah protein yang cenderung sulit dicerna tubuh. Keuntungannya, gas di dalam perit akan berkurang dan tidak lagi membuat perut Anda terasa kembung.

Baca Juga: 50 Inspirasi Model Kebaya

3. Pisang
Pisang memang bukan buah terbaik untuk diet penurunan berat badan karena tinggi gula dan karbohidrat. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, pisang juga bisa membantu mengatasi kembung karena kandungan potassiumnya. Potassium merupakan mineral yang membantu mengeluarkan cairan berlebih dari sistem pencernaan. Pisang baik dimakan untuk menetralisir setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi garam yang menyebabkan penumpukan cairan.

4. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat yang membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral dari buah-buahan lainnya di dalam salad. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh, lemak sehat yang bisa membantu mengurangi perut buncit.

5. Berry
Buah berry seperti blueberry, raspberry, cherry dan anggur mengandung gula paling sedikit ketimbang jenis buah lainnya. Buah-buahan ini tidak akan membuat tubuh menampung lebih banyak cairan yang membuat perut kembung dan mata sembab. Selain itu buah berry juga sangat rendah kalori.

Untuk membuat salad buah sehat ini, Women's Health Mag memberikan tipsnya. Campurkan pepaya, nanas dan pisang dalam mangkuk besar. Siapkan mangkuk kecil, masukkan setengah bagian alpukat dan satu sendok teh air lemon lalu haluskan. Tambahkan setengah bagian alpukat lainnya ke campuran salad bersama buah berry. Kemudian masukkan pasta alpukat dan lemon ke dalam salad, aduk, lalu sajikan.

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com