Jumat, 28/08/2015 18:46 WIB

Suka Duka Karina Salim Menjalani Bisnis Kecantikan

Alissa Safiera - wolipop
Suka Duka Karina Salim Menjalani Bisnis Kecantikan Dok. Wolipop
Jakarta - Sukses dengan bisnis kecantikan, aktris dan penyanyi Karina Salim ternyata sempat menemui pengalaman tidak menyenangkan di awal-awal mengelola salon bernama Sucre Wax Bar itu. Menurutnya tantangan terbesar dalam membangun usaha bukan soal untung-rugi tapi mengatur sumber daya manusia.

Bintang film 'Mantan Terindah' ini bercerita soal sulitnya mengatur dan mendapatkan karyawan yang berkompeten sekaligus loyal. Selama 1,5 tahun salonnya berdiri, Karina harus bergonta-ganti beberapa kali karyawan karena ketidakcocokan.

"Aku pernah punya pegawai kesayangan, dia sudah masuk sebelum Sucre buka. Tiba-tiba ada masalah keluarga. Suaminya melarang dia kerja. Sampai ngamuk, datang dan mengacak-acak gerai karena marah istrinya pulang malam terus," tutur Karina, saat ditemui di acara 'The Power of True Beauty' yang diadakan House of Perempuan di Lippo Mall Kemang, Jakrta Selatan, Jumat (28/8/2015).

Selang beberapa waktu, pengalaman tidak menyenangkan dengan karyawan kembali ia alami. Salah satu staf yang sudah dianggapnya sebagai karyawan kesayangan ternyata melakukan tindakan pencurian selama bekerja di salon aktris yang juga seorang penari balet itu.

Ia menuturkan bahwa sang karyawan seringkali mencuri uang perusahaan. Bahkan ia juga tertangkap tangan mencuri ponsel. Beberapa kali bermasalah dengan karyawan, akhirnya membuat Karina lebih bijak dalam mengelola bisnis yang diharapkannya bisa terus berjalan dalam waktu lama.

"Jadi sekarang pasang CCTV. Aku jadi banyak pelajaran sih dengan pengalaman ini. Jadi tahu bagaimana caranya atur SDM," ujarnya.

Di kesempatan yang sama Karina juga memberikan kunci agar sukses dalam berbisnis dalam bidang apa pun. Menurutnya, seseorang harus memiliki perencanaan yang kuat dan matang. Kemudian ide, usahakan tidak membuat bisnis yang sudah banyak orang jalankan. Carilah sesuatu yang unik dan baru.

"Cari partner bisnis yang tepat dan terakhir, investasikan waktu dan tenaga untuk urus bisnis itu. Harus serius," pungkas Karina.

(als/als)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com