Senin, 24/08/2015 19:16 WIB

Buah-buahan Ini Sehat, Tapi Bisa Menyebabkan Perut Kembung dan Buncit

Hestianingsih - wolipop
Buah-buahan Ini Sehat, Tapi Bisa Menyebabkan Perut Kembung dan Buncit Dok. Thinkstock
Jakarta - Rajin makan buah merupakan kebiasaan sehat yang sebaiknya dilakukan. Buah kaya akan vitamin, mineral dan serat yang berfungsi sebagai antioksidan, mencegah berbagai penyakit hingga melancarkan sistem pencernaan.

Namun buah tidak selamanya sehat. Cara makan buah-buahan yang kurang tepat bisa menyebabkan perut terasa kembung, tidak nyaman bahkan berpotensi menyebabkan kegemukan. Beberapa jenis buah mengandung gula yang tinggi, sebagian besar berupa fruktosa dan sorbitol (gula alkohol) yang keduanya memicu produksi gas pada perut. Ini beberapa jenis buah yang perlu Anda perhatikan konsumsinya, karena bisa membuat perut kembung dan tidak nyaman.

1. Apel
Apel kaya akan antioksidan, terutama jenis apel hijau yang diketahui memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi ketimbang buah berry. Tapi jika dimakan setiap hari, apel bisa mengganggu kenyamanan tubuh. Apel mengandung banyak fruktosa (gula buah) yang bagi sebagian orang sulit untuk dicerna. Saat apel diolah tubuh dan mencerna gula, maka perut terasa seperti ada gas dan akhitnya menjadi kembung.

Untuk mencegah rasa kembung, makanlah apel secara bertahap. Anda bisa memotongnya jadi dua dan makan setengah bagiannya dengan dikunyah secara perlahan. Bagian lainnya bisa Anda makan dua atau tiga jam setelahnya. Bisa juga dengan memotong-motongnya dan dimakan sedikit-sedikit secara bertahap. Cara ini akan mengurangi asupan fruktosa di dalam tubuh. Selain itu dengan mengunyah secara perlahan akan memberi waktu lebih lama bagi tubuh untuk mencerna serat dan gula.

Baca juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram

2. Pir
Buah yang banyak kandungan airnya ini mengandung pectin, serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tapi pir juga memiliki sedikit sorbitol, yaitu gula alkohol alami. Sorbitol sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan permen karet.

Dalam jumlah kecil, sorbitol sebenarnya membantu melancarkan sistem pencernaan. Tapi bagi beberapa orang, gula alkohol ini bisa membuat perut terasa sangat kembung hanya dengan sedikit saja memakannya. Sorbitol perlu waktu lama untuk diserap dalam usus kecil ketimbang jenis gula lainnya. Setelah melewati usus besar, gula mengalami fermentasi dan proses itulah yang menyebabkan kembung, gas dan kram. Tidak ada cara yang dianggap tepat untuk meminimalisir efek sorbitol pada tubuh, jadi sebaiknya batasi konsumsinya, jangan setiap hari.

3. Ceri, Anggur dan Mangga
Ceri, bersama anggur dan mangga merupakan buah yang sangat tinggi kandungan gulanya. Beberapa jenis gula pada buah-buahan ini tidak dapat diserap sepenuhnya dalam usus kecil sehingga terperangkap di usus besar dan menyebabkan perut menggembung. Untuk mencegah agar perut tidak kembung karena memakan buah-buahan ini, kunyahlah dengan sempurna sampai halus, baru ditelan. Selain itu jangan terlalu banyak memakannya, cukup satu cangkir setiap kali makan dan batasi konsumsi karbohidrat dan gula seperti nasi putih, roti tawar dan mie ayam.

(hst/aln)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com