Kamis, 09/07/2015 07:38 WIB

Laporan dari Hong Kong

PMQ, Destinasi Belanja Produk Kreatif Karya Desainer Muda Hong Kong

Hestianingsih - wolipop
PMQ, Destinasi Belanja Produk Kreatif Karya Desainer Muda Hong Kong Foto: Hesti/Wolipop
Jakarta - Karya-karya perancang muda yang berani bereksperimen selalu menarik untuk dilirik. Tak hanya di Indonesia, Hong Kong pun memiliki sejumlah talenta muda di bidang fashion dengan rancangan busananya yang unik serta inovatif.

Jika Anda termasuk penyuka busana maupun produk fashion asal Hong Kong, rasanya sayang jika sampai melewatkan tempat yang satu ini saat berkunjung ke sini. Berlokasi di 35 Aberdeen Street, Central, Hong Kong, terdapat sebuah area bernama PMQ yang menjadi rumah bagi lebih dari 100 brand di bidang industri kreatif mulai dari busana, aksesori, pajangan hingga perabot rumah.

PMQ yang merupakan kepanjangan dari Police Married Quarters adalah sebuah bangunan yang khusus didirikan untuk mendukung para perancang muda, khususnya desainer lokal Hong Kong agar bisa menunjukkan serta memasarkan karya maupun produk-produk mereka ke masyarakat domestik maupun mancanegara. PMQ terbagi menjadi enam area dengan fungsi yang berbeda-beda.

Lantai satu banyak dipenuhi oleh restoran serta kafe, terdapat pula butik Vivienne Tam, desainer ternama berbasis di New York City yang besar di Hong Kong. Lantai dua merupakan Design Studios, yaitu toko atau studio-studio kecil tempat para desainer menampilkan dan menjual karya-karya mereka. Sebagian besar merupakan produk fashion seperti pakaian, tas, kacamata, kalung, dompet, lingerie, sepatu dan sebagainya.

Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015

Di tempat ini pula terdapat HKTDC Design Gallery, yaitu studio milik Hong Kong Trade Development Council yang menampilkan berbagai produk lokal Hong Kong dalam satu tempat. Satu studio ada yang khusus menjual koleksi tas, sementara studio lain lebih banyak diisi perabotan rumah serta pajangan berdesain unik. Di sepanjang selasar PMQ pun bisa ditemui pop-up store yang juga menjual berbagai pernak-pernik serta fashion item produksi lokal.

Selain produk lokal, Anda juga bisa menemukan karya desainer muda internasional. Selain itu di area tengah PMQ, terdapat lapangan tempat diadakannya berbagai acara kreatif seperti pertunjukan musik. Jika lelah dan ingin sekadar bersantai, bisa mengunjungi restoran atau kafe di area ini yang masing-masing juga memiliki konsep interior unik dan nyaman. Anda bisa menikmati penganan seperti cupcake dan crepes, roti, juga kuliner tradisional Hong Kong maupun western.

Harga produk yang dijual di PMQ cukup bervariasi, meskipun tidak bisa dibilang sangat terjangkau. Untuk produk aksesori seperti perhiasan misalnya, dijual dengan kisaran harga mulai dari 450 HKD atau sekitar Rp 700 ribuan. Sementara pakaian mulai dari HKD 300 atau sekitar Rp 500 ribuan. Untuk pernak-pernik, harganya sedikit lebih terjangkau, seperti tas belanja dengan desain tulisan unik yang dijual HKD 80 atau sekitar Rp 100 ribuan. Anda juga bisa membeli satu set teh dengan berbagai aroma unik seharga 120 HKD atau setara Rp 120 ribuan.

Bisa dibilang, tempat ini merupakan destinasi pilihan jika Anda ingin merasakan pengalaman gaya hidup yang lebih muda dan segar di Hong Kong. Jangan lupa juga untuk berfoto karena terdapat beberapa spot yang cukup menarik untuk diambil.


(hst/aln)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177