Rabu, 08/07/2015 07:00 WIB

3 Warna Cat Dinding yang Disarankan untuk Lebaran

Intan Kemala Sari - wolipop
3 Warna Cat Dinding yang Disarankan untuk Lebaran Dok. Thinkstock
Jakarta - Dalam rangka menyambut Lebaran yang tinggal menghitung hari, berbagai persiapan mulai dilakukan. Salah satunya adalah memperbarui dekorasi dan interior di dalam rumah dengan memberikan warna baru pada dinding rumah.

Atas dasar inilah perusahaan cat AkzoNobel Decorative Paints Indonesia melalui salah satu mereknya DuluxCatylac memperkenalkan inspirasi warna untuk menyambut datangnya Idul Fitri. Warna tersebut terdiri dari tiga palet warna yang berasal dari 10 warna dasar dan tergabung ke dalam palet warna bertajuk 'Warna Warni Favorit Indonesia'.

"Ketiga warna ini merupakan warna-warna unik yang mencerminkan identitas nasional dan suasana keakraban yang ingin direpresentasikan melalui warna," jelas Presiden Direktur AkzoNobel Decorative Paints Indonesia Jun De Dios saat berbincang dengan media di Locanda Restaurant, Jakarta Pusat, Selasa, (7/72015).

Jun mengungkapkan ketiga warna tersebut adalah hijau, biru, dan kuning. Warna tersebut dipilih berdasarkan riset yang dilakukan oleh DuluxCatylac terhadap para pelanggan setianya.

Pemilihan warna-warna tersebut menurut Ayu Sawitri Jody selaku desainer interior adalah warna yang tepat untuk mencerminkan suasana Hari Raya dan kemenangan. Jika dikaitkan dengan perayaan Idul Fitri, wanita yang akrab disapa Ayu ini mengatakan bahwa menurut survei, biru adalah warna yang melambangkan Islam modern.

"Sedangkan dari segi psikologis, warna biru bisa menurunkan tekanan darah dan membuat relaks tubuh. Begitu pula dengan warna hijau yang juga mempunyai efek soothing atau menenangkan pikiran," ujar Ayu saat ditemui pada acara yang sama.

Hijau juga melambangkan ekspresi kedamaian dan bisa membangkitkan rasa kehangatan saat berkumpul dengan keluarga. Adapun untuk warna kuning diibaratkan sebagai warna cerah yang mewakilkan spirit kemenangan setelah sebulan berpuasa. Warna ini juga bisa disebut dengan 'happy color' karena kepekatan warnanya yang terang dan memberikan efek menyenangkan.

Tetapi sebaiknya Anda harus berhati-hati dalam menerapkan warna kuning, karena jika diterapkan secara berlebihan akan memicu perselisihan. "Jadi cara menyiasatinya pilih warna kuning dengan intensitas warna yang rendah, seperti kuning pastel misalnya," lanjutnya.

Ayu menambahkan, warna biru cocok diterapkan di dalam ruang keluarga atau ruang makan. Begitu juga dengan warna hijau yang juga bisa diaplikasikan di ruang makan dan kamar tidur. Sedangkan warna kuning lebih tepat diterapkan di ruangan yang kecil, seperti ruang tamu atau kamar mandi.

Ketiga warna ini memiliki warna-warna pelengkap yang bisa menghasilkan tiga palet dengan nuansa harmonis atau warna-warna kontras. Dengan adanya warna tersebut, Jun mewakili AkzoNobel Indonesia berharap konsumen lebih percaya diri dalam menerapkan warna sehingga bisa menciptakan suasana hunian yang diinginkan.


(int/aln)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com