Selasa, 16/06/2015 10:19 WIB

Ini Cara Keramas yang Benar Agar Kulit Kepala Sehat

Rahmi Anjani - wolipop
Ini Cara Keramas yang Benar Agar Kulit Kepala Sehat dok. Thinkstock
Jakarta - Merawat rambut dan kulit kepala dengan sampo, kondisioner, serta masker sudah menjadi rutinitas di keseharian. Tentu Anda sudah tidak asing dengan cara pengaplikasiannya. Meski dilakukan hampir setiap hari, ternyata masih banyak orang yang kurang tepat dalam memakai produk-produk perawatan rambut. Alhasil, kulit kepala mereka jadi tidak sehat dan khasiat dari produk juga kurang bekerja maksimal. Agar rambut jadi indah, berikut adalah teknik menggunakan sampo, kondisioner, serta masker yang disarankan:

1. Sampo
Sampo merupakan produk perawatan rambut paling dasar. Namun tidak semua orang tahu cara pengaplikasiannya yang benar. Menurut Roy selaku Business Development ‎Executive Kerastase Indonesia, banyak wanita yang terlalu banyak memakai sampo saat keramas. Cara tersebut bisa mendatangkan masalah, terutama untuk orang yang kulit kepalanya sensitif. Menurutnya, sampo sebaiknya tidak diaplikasikan lebih dari 15 ml.

"‎Jangan langsung ditimpa. Pertama aplikasikan di kulit kepala, lalu pijat dengan ujung jari jangan pakai kuku. Setelah itu baru dipijat. Pada saat itu, kutikula rambut akan terbuka sehingga nutrisi bisa masuk ke batang rambut," ujar Roy ketika menjadi pembicara di Ave Salon Gathering di Puri Lobby Hotel Ciputra, Semarang, Jawa Tengah, Senin, (15/6/2015).

2. Kondisioner
Ketika sudah mengaplikasikan sampo, banyak wanita melupakan kondisioner. Ternyata hal itu kurang tepat. Justru kondisioner dibutuhkan agar rambut nutrisi. Kondisioner sebaiknya didiamkan selama kurang lebih tiga menit sebelum dibilas dengan air.

Jika Anda ingin menggunakan masker rambut, sebaiknya pakai kondisioner setelahnya, bukan sebelum. Fungsinya agar nutrisi yang telah masuk ke batang rambut terkunci.

3. Proses Pengeringan
Meluruskan atau mengeriting rambut menggunakan alat catok sudah menjadi aktivitas yang lazim diterapkan wanita zaman sekarang. Bahkan ada yang melakukannya ham‎pir setiap hari. Apakah Anda adalah salah satunya? Jika demikian, Roy menyarankan agar Anda mengaplikasikan produk perawatan yang berfungsi untuk melindungi batang rambut dari alat panas sebelum menatanya.

"Kalau rambut terkena alat panas, yang tadi nutrisinya sudah dikunci jadi percuma," tambah Roy.

4. Masker
Dengan alasan kesibukan dan kemacetan, banyak wanita yang melakukan perawatan rambut mingguan di rumah. Biasanya mereka mengaplikasikan masker agar rambut lebih sehat dan indah. Roy pun menyarankan agar wanita tidak menerapkan masker terlalu sering, maksimal dua kali seminggu.

"Cara aplikasinya adalah dengan parting. Rambut dibelah menjadi beberapa bagian kemudian dipakaikan masker. Tidak perlu semuanya, tinggal ratakan dengan tangan. Masker ini yang akan menutrisi rambut. Setelah nutrisi masuk masuk, tunggu lima sampai tujuh menit sudah cukup. Kalau ada waktu bisa juga dilanjutkan 10 sampai 15 menit," kata Roy.


(ami/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com