Kamis, 02/04/2015 18:06 WIB

Jalan Kaki, Cara Sehat untuk Bisa Lebih Dekat dengan Pasangan

Hestianingsih - wolipop
Jalan Kaki, Cara Sehat untuk Bisa Lebih Dekat dengan Pasangan Dok. Thinkstock
Jakarta - Jalan sehat merupakan bentuk aktivitas fisik yang mudah dilakukan siapa pun, dan kapan pun. Rutin berjalan kaki setiap hari, setidaknya selama 30 menit bermanfaat mengurangi risiko sakit jantung, mengontrol tekanan darah tinggi, mencegah osteoporosis hingga memperkuat kaki.

Selain kesehatan fisik, jalan kaki juga bermanfaat meningkatkan kesehatan mental. Bahkan bisa membuat hubungan asmara Anda dan pasangan jadi lebih romantis dan berkualitas. Seperti dikutip dari Female First, ini lima manfaat berjalan kaki bagi kelanggengan hubungan percintaan Anda.

1. Waktu Berbicara Lebih Banyak
Jalan kaki bersama seseorang, secara otomatis akan mendorong terjadinya percakapan. Sambil berjalan, Anda dan pasangan bisa membicarakan apa pun. Mulai dari topik ringan hingga serius. Misalnya membicarakan kondisi pekerjaan di kantor, rencana masa depan, atau sekadar mendiskusikan jadwal kencan di akhir pekan. Anda juga bisa mengeluarkan uneg-uneg tentang hubungan yang selama ini dipendam, namun jaga agar percakapan tetap dalam suasana santai.

2. Ubah Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk bisa menular, begitu juga dengan kebiasaan baik. Mulailah melakukan kebiasaan baik dengan lebih sering berjalan kaki dan jika diterapkan bersama pasangan, tentunya Anda akan lebih bersemangat. Ketimbang menghabiskan waktu dengan nonton film sambil meraup popcorn, atau duduk-duduk di rumah dan mengobrol, kenapa tidak manfaatkan waktu untuk menyehatkan tubuh?

3. Meningkatkan Mood Positif
Berjalan kaki akan meningkatkan jumlah endorphin --hormon bahagia-- dan melepaskannya ke seluruh tubuh. Maka dari itu, jalan kaki akan membuat mood Anda jadi lebih baik, membantu melihat masalah dari sisi positif dan lebih cepat menemukan solusi terbaik. Saat Anda dan pasangan sedang menghadapi masalah, ada baiknya mengajaknya untuk jalan-jalan di pagi atau sore hari, dalam suasana hijau dan rindang. Misalnya di taman kota atau tempat rekreasi yang dipenuhi pepohonan. Mungkin tidak lantas menyelesaikan masalah namun setidaknya membantu Anda berdua berpikir lebih tenang dan dengan kepala dingin.

4. Mengatasi Depresi
Saat kekasih Anda mengalami depresi, cobalah ajak si dia olahraha jalan kaki. Aktivitas ini bisa cukup membantu untuk mengatasinya. Seperti telah disebutkan di atas, jalan kaki membuat tubuh melepaskan hormon bahagia yang akan menenangkan perasaan serta pikiran. Hal-hal yang membuat depresi bisa dialihkan dalam setiap langkah kaki ketika berjalan. Bisa juga dengan sambil mendengarkan musik saat berjalan kaki.

5. Mengusir Stres
Berjalan kaki bisa menjauhkan Anda dari lingkungan yang membuat stres, misalnya kantor atau rumah. Ditambah lagi jika dilakukan bersama orang tersayang, Anda bisa sambil curhat dan tentu si dia akan mendengarkan keluh kesah dengan tulus. Mengobrol dan tertawa dengan pasangan akan melepaskan stres. Perlu Anda tahu, tertawa adalah 'obat' terbaik untuk menghilangkan hati yang galau.

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com