Senin, 23/03/2015 19:14 WIB

Macet Bisa Buat Anda Tua di Jalan Jika Sering Main Gadget di Bus

Rahmi Anjani - wolipop
Macet Bisa Buat Anda Tua di Jalan Jika Sering Main Gadget di Bus dok. Thinkstock
Jakarta - Anda termasuk pekerja yang menggunakan transportasi umum untuk pergi ke kantor setiap hari? Jika iya, pasti sering main gadget untuk mengisi waktu dalam perjalanan. Entah untuk membuka media sosial, chatting, atau bermain game, ponsel pintar serta tablet menjadi andalan banyak karyawan untuk mengusir rasa bosan. Namun sebaiknya kecanduan akan gadget diminimalisir ketika sedang berada di bus, kereta, atau angkutan umum. Menurut ahli kecantikan, hal tersebut dapat merusak kulit. Bagaimana bisa?

Alasan kulit bisa rusak karena main gadget di dalam transportasi umum adalah karena kepala terlalu banyak menunduk sehingga menyebabkan kulit wajah mengendur dan rahang jatuh. Leher juga akan timbul garis-garis yang membuat Anda terlihat tua. Selain berpengaruh terhadap kulit wajah dan leher, terlalu sering menunduk membuat postur tubuh membungkuk.

Hal ini bukan hanya sebatas pendapat. Sudah banyak orang yang datang ke ahli kecantikan untuk memperbaiki kulit mereka yang jadi kurang elastis karena sering bermain gadget. Tak sedikit wanita muda yang datang untuk mencari perawatan peramajaan kulit demi memperbaiki tampilan wajah bagian bawah serta leher mereka. Klinik-klinik di London bahkan mendapatkan pasien setiap minggunya yang berharap bisa menghapus garis di leher yang disebabkan pemakaian iPhone.

Pemilik klinik kecantikan Jill Zander pun menyarankan agar orang-orang yang sering main gadget untuk mengingat Y-zone. Y-zone adalah daerah di bawah dagu dan leher. "Ingat lah bagian tersebut saat sedang merawat kulit. Kulit di bagian leher sama seperti di bagian mata, itu dua kali lebih tipis dari sebagian besar kulit wajah," ujar Jill pada Daily Mail.

Selain karena terlalu sering menunduk ketika menggunakan gadget, kesehatan kulit bisa terganggu karena paparan bakteri dalam transportasi umum. Bukan rahasia lagi jika di kursi atau pegangan dalam kereta dan bus tersebar banyak kuman. Saat kuman-kuman menumpuk di tangan dan tangan menyentuh wajah, wajah bisa jadi infeksi karena bakteri menutup pori-pori. Jill pun menyarankan agar Anda menggunakan gel pembersih tangan untuk mencegah kuman menyebar ke area lainnya.

Pengguna kendaraan umum memang dihadapkan pada sejumlah tantangan. Tak hanya perjalanan dengan bus atau kereta lebih melelahkan, mereka juga jadi sering terpapar polusi. Polusi ditambah sinar matahari merupakan penyebab utama kulit kehilangan keremajaan. Pemakai transportasi umum sebaiknya mulai mengaplikasikan serum.

"Setiap pagi pakailah serum anti oksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas," tambah Jill.

Kemacetan yang terjadi pada pagi hari juga membuat para pekerja mengalami stres. Hal tersebut dapat membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak. Jill menyarankan agar Anda mendengarkan musik yang menenangkan ketika dalam perjalanan. Jika bisa, datang lah lebih awal agar bisa berjalan santai demi menghilangkan rasa penat.


(ami/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com