Sabtu, 28/02/2015 15:34 WIB

5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

Arina Yulistara - wolipop
5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara Dok. Thinkstock
Jakarta - Kini gaya hidup sehat tidak hanya menjadi tren tapi juga kebutuhan. Kesadaran setiap wanita untuk menjaga kesehatan semakin tinggi. Oleh karena itu, tak heran bila semakin banyak wanita yang melakukan diet bukan hanya untuk menurunkan berat namun juga demi menangkal penyakit berbahaya.

Salah satunya kanker payudara yang sangat ditakuti semua wanita. Menurut penelitian, satu dari sepuluh wanita menderita kanker payudara karena asupan makanan yang kurang sehat. Para wanita kemudian disarankan agar melakukan diet buah dan sayuran yang bisa mengurangi risiko kanker tersebut. Berikut lima asupan makanan yang bagus untuk kesehatan payudara wanita.

1. Brokoli
Brokoli diklaim bisa menghilangkan sel kanker payudara. Seorang profesor ilmu Farmasi dari Universitas Michigan, Duxin Sun, mengatakan bahwa kandungan dalam brokoli bisa mencegah kanker. "Senyawa dalam brokoli yang dikenal dengan sulforaphane telah dipelajari sebelumnya. Studi ini menunjukan bahwa senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan sel kanker payudara," tutur Duxin.

Sebagai objek percobaan, peneliti menggunakan tikus berkanker payudara yang sudah diberikan sulforphane. Mereka memantau jumlah sel kanker dalam batang tumor tikus tersebut. Peneliti menemukan bahwa sel kanker berkurang dan tidak menghasilkan sel tumor baru.

Menurut Max S. Wicha, Direktur Universitas Pusat Konfrehensif Kanker, penelitian ini bisa menjadi pengobatan yang potensial. Senyawa brokoli dapat dikombinasikan dengan senyawa lain untuk menghilangkan sel induk kanker payudara.

2. Buah Berry
Semua jenis buah berry dapat melawan berbagai kanker. Kandungan vitamin, serat dan antioksidan di dalam buah berry juga membantu menghilangkan radikal bebas dan racun lainnya dari dalam tubuh. Antioksidan dan serat juga memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari segala bentuk kanker, terutama kanker payudara.

3. Pare
Profesor di bidang patologi dari Saint Louis University, Ratna Ray, ekstrak pare dapat mengurangi risiko kanker. Menurut studi yang dipublikasikan di Cancer Research, salah satu cara menangani sel-sel kanker payudara dari manusia dengan ekstrak pare. Ekstrak sayuran dengan rasa pahit ini dianggap dapat mengurangi pertumbuhan bahkan membunuh sel-sel kanker payudara tersebut.

4. Wortel
Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karotin setiap hari dapat mengurangi resiko kanker payudara. Salah satu sayuran yang banyak mengandung karotin, adalah wortel.

Penelitiannya sendiri melibatkan 5.707 wanita dengan penyakit kanker payudara dan 6.389 perempuan sehat. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan yang kaya karotin dua kali setiap harinya dapat menurunkan resiko kanker sebesar 17%.

5. Jeruk
Hampir semua orang tahu bahwa vitamin C merupakan zat antioksidan yang paling kuat, yang secara efektif dapat menjaga kesehatan payudara. Semakin sering mengonsumsinya, semakin banyak pula zat antioksidan dalam tubuh Anda. Buah ini juga memiliki peran penting terhadap peningkatan sitem imun.


(aln/aln)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177