Minggu, 25/01/2015 14:04 WIB

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Intan Kemala Sari - wolipop
Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini Dok. Thinkstock
Jakarta - Jika Anda merasa sering lupa menaruh barang dan kesulitan mengingat nama orang yang baru saja ditemui, sebaiknya harus waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda dari penurunan daya ingat di usia dini. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kemampuan mengingat Anda. Seperti apa?

1. Konsentrasi
Informasi yang disampaikan untuk pertama kali biasanya tidak pernah tertanam dengan tepat di dalam ingatan. Untuk itu diperlukan sedikit konsentrasi untuk mengingatnya agar bisa mendapat manfaat lainnya. Pilihlah suasana yang tenang dan nyaman agar terbebas dari gangguan sekitar yang bisa memecah konsentrasi.

2. Menulis atau Merekam
Cara lain untuk membantu diri Anda dalam meningkatkan ingatan adalah dengan menulis atau merekam poin-poin penting pada suatu perbincangan. Menulis terbukti lebih efektif daripada hanya sekedar membaca atau mendengarkan. Selalu siapkan notebook atau alat perekam saat Anda berada di tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan atau ketika ingin bertemu rekan bisnis.

3. Bagi Berdasarkan Kelompok
Mengorganisir sesuatu berdasarkan kelompoknya membuat memori menghafal lebih muda. Itulah sebabnya kita sering sekali membaca nomor telepon dalam setiap tiga atau empat digit. Contoh lainnya, jika Anda lupa membawa daftar belanjaan saat akan pergi ke supermarket, cobalah untuk mengingat item yang akan dibeli berdasarkan jenis produknya. Sabun mandi, shampoo, pasta gigi termasuk kedalam perlengkapan mandi. Pensil, penggaris, penghapus masuk dalam kategori alat tulis.

4. Ciptakan Istilah Khusus
Jika Anda kesulitan menghafal nama seseorang yang baru dikenal, trik lain yang bisa dilakukan adalah menggambar sebuah bayangan dalam pikiran tentang hal-hal yang mengingatkan Anda pada mereka. Misalnya, Anda baru saja bertemu dengan seseorang yang bernama Melati, imajinasikan diri Anda sedang mencium wangi bunga Melati yang akan memudahkan Anda untuk mengingat namanya. Hal ini juga berlaku untuk menghafalkan suatu kalimat yang rumit, gunakan sebuah singkatan yang diambil dari masing-masing huruf depan tiap kata.

5. Jaga Kesehatan
Kelelahan bisa menjadi salah satu pemicu hilangnya memori. Jagalah kesehatan dengan tidur malam yang cukup, berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, makan teratur, dan hindari minum alkohol terlalu sering.

(int/aln)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com