Jumat, 16/01/2015 07:54 WIB

Liputan Khusus Aplikasi Cari Jodoh

Cari Pacar Lewat Aplikasi Tinder Makin Digemari, Seperti Apa?

Intan Kemala Sari - wolipop
Cari Pacar Lewat Aplikasi Tinder Makin Digemari, Seperti Apa? Dok. Getty Images
Jakarta - Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi kencan online tampak semakin menjamur di kalangan pengguna ponsel pintar. Salah satu yang paling terkenal adalah Tinder, suatu aplikasi gratis yang berfungsi untuk memudahkan mencari calon kekasih ideal. Aplikasi yang diciptakan oleh Sean Rad ini bekerja dengan mengandalkan sistem satelit navigasi yang dapat mengatur jarak dan lokasi tertentu.

Meski dirilis pada 2012 silam, namun Kei Savourie selaku konsultan percintaan di Kelas Cinta mengatakan, fenomena penggunaan Tinder baru mulai marak sejak 2014 lalu. "Agak sulit menentukan kapan Tinder jadi populer, tetapi yang jelas 'heboh'nya sejak tahun 2014. Banyak orang yang saya kenal juga pakai Tinder," jelasnya saat dihubungi Wolipop via e-mail, Selasa (13/1/2015).

Tinder termasuk aplikasi yang cukup populer di Apple Store dan Google Store. Di kedua platform distribusi aplikasi, Tinder masuk dalam 10 besar daftar aplikasi favorit untuk kategori gaya hidup.

Populernya Tinder menurut Kei didasari karena penggunaannya yang tak terlalu rumit, cukup dengan log in melalui akun Facebook dan Anda akan disuguhi dengan tumpukan foto lawan jenis. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama Tinder, para penggunanya dapat memilih calon pasangan yang sesuai dengan kriterianya berdasarkan foto dan usia yang terpampang.

Untuk melihat tumpukan foto-foto tersebut, Anda diberikan dua pilihan tombol yang bergambar hati dan tanda silang. Jika Anda tidak menyukai foto lawan jenis yang muncul, cukup dengan menekan tombol silang. Apabila Anda merasa tertarik dan ingin mengenal lawan jenis melalui foto yang ditampilkan, tekanlah tombol hati.

Jika Anda menggunakan ponsel layar sentuh, cukup dengan menggeser tampilan layar ke arah kiri untuk menyatakan tidak suka, maka foto baru pun akan muncul. Dan sebaliknya, geser layar ponsel ke arah kanan sebagai tanda bahwa Anda tertarik dengannya.

Tetapi apabila Anda masih ragu dengan hanya melihat fotonya saja, jangan khawatir karena Anda bisa membaca biografi singkat dari pemilik foto tersebut. Tak hanya data diri, kegemaran dan minatnya pun bisa terlihat dengan jelas karena sesuai dengan apa yang ia cantumkan di akun Facebook miliknya.

Bagi Anda yang mencari calon pendamping berdasarkan rentang usia dan lokasi yang dekat, aplikasi kencan yang juga digunakan para selebriti Holywood ini menyediakan fitur untuk mengaturnya. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengeliminasi para lawan jenis yang tampak tidak sesuai dengan kriteria.

Namun sayangnya, proses perkenalan secara dua arah baru bisa dilakukan jika sang lawan jenis yang Anda sukai juga menekan tombol hati pada foto Anda. Setelah itu, Anda baru bisa mengobrol di dalam fitur chat room yang juga disediakan oleh Tinder.

"Gimana caranya agar si lawan jenis tertarik? Ya tentunya dari foto yang Anda pasang. Tampilkan foto terbaik yang dimiliki, supaya dia tertarik untuk kenalan. Upload juga foto-foto kegiatan saat sedang bergaul atau melakukan aktivitas lainnya, biar dia tahu kalau Anda orang yang aktif," papar konsultan percintaan yang sudah menjalani profesinya sejak tahun 2006 ini.

Kei juga meneropong, di tahun 2015 ini sepertinya Tinder akan terus digunakan oleh para pencari jodoh. "Saya rasa kalau belum ada aplikasi lain yang bisa lebih sederhana dan mudah daripada Tinder, rasanya di tahun 2015 Tinder akan tetap tren," pungkasnya.

Hanya saja, bukan berarti mencari pasangan atau jodoh melalui Tinder ini selalu bermanfaat. Ada hal-hal yang perlu Anda waspadai ketika 'berburu' calon kekasih melalui aplikasi online. Simak pembahasannya di liputan khusus Wolipop hari ini soal Do's & Don'ts Cari Jodoh di Internet.


(eny/als)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Other Articles

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com