Sabtu, 20/12/2014 08:30 WIB

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tak 'Kalap' Saat Pesta Diskon

Intan Kemala Sari - wolipop
5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tak Kalap Saat Pesta Diskon Dok. Getty Images
Jakarta - Akhir tahun adalah waktu yang dinanti-nanti oleh para wanita. Pasalnya, mereka bisa mendapat barang yang diinginkan, seperti pakaian, sepatu, tas, dan berbagai perlengkapan lainnya dengan harga yang jauh lebih murah dalam pesta diskon yang digelar di beberapa pusat perbelanjaan. Namun sebelum 'kalap' berbelanja, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar kondisi keuangan Anda tidak terganggu :

1. Sisihkan Penghasilan
Pada umumya, masing-masing pusat perbelanjaan menggelar pesta diskon dengan rentang waktu yang berbeda-beda. Seperti yang dikemukakan oleh perencana keuangan Aidil Akbar, kumpulkan dana belanja Anda dengan menyisihkan penghasilan sekitar 10 sampai 15 persen setiap bulannya. Tetapi itu semua tergantung kepada besar kecilnya anggaran biaya yang diinginkan.

2. Ketahui Waktu Belanja
Menurut pria lulusan Business Administrations dari Loyola Marymount University, Amerika Serikat, dalam setahun, terdapat 10 gelaran diskon yang diadakan di pusat-pusat perbelanjaan. "Para wanita kan biasanya sudah tahu ada sale besar-besaran. Lebaran sale, tanggal merah sale, midnight sale, early morning sale sekarang juga ada. Berarti kita sudah bisa menyusun bujet bahwa kita punya keinginan untuk belanja," papar Akbar saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu.

3. Ketahui Tujuan Belanja
Farah Dini Novita selaku perencana keuangan independen di Zeus Consulting mengatakan, sebelum berburu diskon akhir tahun, sebaiknya Anda sudah mempunyai catatan tentang barang apa saja yang ingin dibeli. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran tak terduga yang bisa saja terjadi pada saat berbelanja. "Misalnya Anda seorang profesional yang dituntut untuk berpenampilan rapih dan menarik, coba cari sepatu dan tas yang kualitasnya bagus dan tahan lama," terang wanita kelahiran Samarinda ini ketika dihubungi Wolipop via telepon, Rabu (17/12/2014).

4. Siap Mental
Selain sedia dana yang memadai, persiapan mental juga perlu dimiliki agar tidak belanja kelewat batas. "Biasanya orang-orang seperti itu tidak punya tujuan keuangan lebih besar, jadi begitu pegang duit langsung konsumtif. Coba kalau punya tujuan untuk beli mobil misalnya, dia pasti bisa menahan diri untuk belanja yang kurang penting," katanya.

5. Perhatikan Penggunaan Kartu Kredit
Masih banyak para wanita yang memutuskan untuk berbelanja tanpa persiapan dana sehingga lebih memilih untuk mengandalkan kartu kredit. Jika kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi, Dini merasa tidak masalah untuk menggunakan kartu kredit. Tetapi pastikan Anda sudah mempunyai dana untuk melunasi tagihan sebelum jatuh tempo agar hutang tidak menumpuk.


(int/als)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com