Jumat, 19/12/2014 18:41 WIB

LIputan Khusus Sale Akhir Tahun

Siapkan 'Rekening Centil' Sebelum Belanja Saat Pesta Diskon

Intan Kemala Sari - wolipop
Siapkan Rekening Centil Sebelum Belanja Saat Pesta Diskon Dok. Thinkstock
Jakarta - Menjelang pergantian tahun, hampir seluruh pusat perbelanjaan menggelar pesta diskon. Berbagai macam brand busana, sepatu, aksesori, hingga barang elektronik juga turut memberikan diskon. Tidak tanggung-tanggung, potongan harga yang diberikan bisa mencapai 80 persen.

Sebagai seorang wanita, terkadang timbul dorongan dari dalam diri yang kuat untuk berbelanja pada saat pesta diskon. Namun dorongan kuat tersebut biasanya tidak diimbangi dengan kondisi finansial yang kuat sehingga terkadang para wanita berusaha mengacaukan anggaran biaya yang sudah dibuat.

Hal ini ditanggapi oleh perencana keuangan independen di Zeus Consulting, Farah Dini Novita yang berkata bahwa pada dasarnya wanita memang sudah memiliki naluri yang kuat dalam hal berbelanja, sehingga ia menilai sah-sah saja untuk berburu diskon di akhir tahun.

Wanita yang biasa disapa Dini ini menilai sale di akhir tahun tidak salah dan justru bisa dimanfaatkan untuk belanja barang-barang mahal dengan harga yang jauh lebih murah. "Yang aku perhatikan, end year sale ini pasti tiap tahun ada terus. Jadi harusnya kita sudah jauh-jauh hari siapkan budget tiap bulan untuk dana konsumtif," papar wanita lulusan University of Nottingham Malaysia ketika dihubungi Wolipop via telepon, Rabu (17/12/2014).

Dana konsumtif tersebut bisa didapat dari jumlah pendapatan yang disisihkan sebanyak 5% setiap bulannya. Tak ada salahnya membuka rekening baru yang memang khusus ditujukan untuk berbelanja. Wanita kelahiran Samarinda, 27 November ini biasa menyebutnya 'rekening centil'.

"Kalau pendapatan sebulan 10 juta, 5% dari penghasilan berarti Rp 500 ribu. Yaudah selama setahun itu sisihkan Rp 500 ribu di rekening centil. Di akhir tahun totalnya jadi Rp 6 juta. Nah itu yang bisa dipakai belanja, mau dihabiskan juga silahkan," jelas penulis buku Finchickup : Financial Check Up For Ladies ini.

Jauh sebelum pesta diskon digelar, sebaiknya Anda sudah mempunyai gambaran tentang barang-barang apa saja yang nantinya akan dibeli. Catat pula berapa kisaran harganya agar Anda masih bisa memperkirakan untuk membeli barang-barang lainnya. Barang yang dibeli pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari agar bisa menghemat pengeluaran.

Jika Anda adalah seorang profesional yang dituntut untuk berpenampilan rapih dan menarik, Dini menyarankan untuk membeli sepatu dan tas karena bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Carilah yang kualitasnya bagus dan dapat menunjang penampilan Anda agar lebih percaya diri.


(int/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177