Sabtu, 08/11/2014 10:59 WIB

6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Hestianingsih - wolipop
6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Dok. Thinkstock
Jakarta - Terlalu banyak kolesterol di dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat misalnya terlalu banyak konsumsi makanan berlemak juga bergula. Jadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol adalah mengubah pola makan jadi lebih sehat.

Seperti dikutip dari ABC Australia, beberapa makanan yang harus dibatasi adalah yang telah mengalami banyak proses pengolahan seperti biskuit, cake serta makanan tinggi lemak. Di samping itu penerapan pola makan yang sehat bisa dilakukan dengan cara memasukkan lebih banyak makanan bernutrisi. Ini dia rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kolesterol tetap stabil dan jantung pun sehat.

1. Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Saat berada di dalam tubuh, serat larut akan bekerjasama dengan bile acid, asam yang ada di sistem pencernaan --terbuat dari kolesterol-- dan mengeluarkannya. Ketimbang bubur ayam, coba ganti menu sarapan Anda dengan bubur oatmeal yang tak kalah rasa lezatnya.

2. Apel
Buah yang manis renyah ini sangat baik untuk dikonsumsi tiap hari sebagai camilan maupun pemenuhan kebutuhan serat hadian Anda. Apel kaya akan pectin, jenis serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Makanlah apel bersama kulitnya karena di antara batas kulit dan daging apel terdapat polifenol, sejenis antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari perubahan dan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

3. Salmon
Konsumsi ikan yang mengandung minyak sehat 2-3 kali dalam seminggu bisa menurunkan kolesterol. Salmon, mackerel dan sarden memiliki asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kolesterol baik, sehingga kadarnya dalam darah pun lebih sehat. Asam lemak ini juga mengurangi lemak-lemak tidak sehat seperti trigliserda dan menurunkan risiko detak jantung tidak teratur.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kacang polong dan kacang merah juga kaya akan serat larut. Selain itu juga sumber protein yang lebih sehat, rendah lemak serta diperkaya nutrisi penting bagi tubuh. Anda bisa mencampurkan kacang ke dalam salad, sup atau kukusan. Kacang panjang, buncis dan teman-temannya membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga hasrat untuk makan bisa terkontrol. Dengan begitu, Anda juga bisa terbantu jika ingin menurunkan berat badan.

5. Almond
Kacang almond rendah kolesterol dan baik untuk jantung. Kacang dengan citarasa gurih ini juga kaya akan lemak tak jenuh dan phytosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menyehatkan jantung. Almond merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi, selama tidak diberi garam atau dilapisi gula. Selain itu karena kalorinya cukup tinggi, sebaiknya batasi konsumsi almond hanya sebesar genggaman tangan dalam sehari.

6. Terong
Selain rasanya yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, terong ternyata merupakan salah satu makanan paling baik untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah. Terong mengandung serat larut, antioksidan, vitamin serta mineral penting. Terong bisa diolah dengan cara dipanggang, dikukus atau sebagai bahan tambahan pada masakan kari, tumisan bahkan pasta.

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com