Senin, 18/08/2014 18:04 WIB

Bukan Hanya Karena Malu, Ini Penyebab Wajah Jadi Memerah

Hestianingsih - wolipop
Bukan Hanya Karena Malu, Ini Penyebab Wajah Jadi Memerah Dok. Thinkstock
Jakarta - Saat tersipu, biasanya sebagian besar orang pipinya akan memerah. Entah itu malu karena bertemu pujaan hati, jatuh terjerembab di tempat umum atau jadi bahan tertawaan orang banyak. Ternyata, wajah yang memerah tidak hanya disebabkan karena malu. Ini penjelasannya, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Faktor Genetik
Tidak semua orang akan memerah pipinya saat malu. Orang-orang dengan ras Kaukasia dan Eropa Selatan umumnya paling mudah terlihat saat malu atau tersipu, karena kulit mereka yang sangat putih. Semakin putih dan pucat kulit seseorang maka makin terlihat pipi mereka yang memerah ketika malu.

2. Gugup
Tak hanya karena malu, wajah seseorang juga bisa merah ketika gugup atau cemas. Saat dalam keadaan tersebut, tubuh akan melepaskan adrenalin. Hormon tersebut kemudian membesarkan pembuluh darah, dan itu yang membuat wajah merah merona.

3. Kebiasaan Tak Sehat
Kulit yang memerah tak selalu mengindikasikan sehat, tapi bisa juga karena gaya hidup yang tidak baik. Wajah yang memerah bisa disebabkan karena terlalu banyak terpapar sinar matahari atau menghisap rokok. Dua kebiasaan tersebut akan merusak kolagen, sejenis protein yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Kolagen juga menutupi pembuluh darah di bawah kulit. Jika lapisan kolagen menipis, maka pembuluh darah akan semakin terlihat. Jadi bila wajah Anda tiba-tiba mudah memerah saat terkena panas, maka bisa jadi itu tanda-tanda telah rusaknya kolagen. Sebaiknya periksakan pada dokter kulit Anda untuk diagnosa yang lebih tepat.

4. Olahraga
Saat berkeringat, suhu tubuh akan memanas dan membuat wajah memerah. Hasilnya, wajah pun tampak lebih cantik dan segar. Itulah sebabnya banyak pakar kesehatan maupun kebugaran tubuh yang menyarankan wanita untuk rajin beraktivitas fisik agar kulitnya tampak lebih glowy dan cantik. Saat berolahraga, aliran darah akan lebih lancar dan itu bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit.

5. Iritasi Kulit
Wajah yang merah bisa juga disebabkan oleh iritasi kulit akibat pemakaian kosmetik atau perawatan yang salah. Beberapa produk perawatan wajah bisa membuat lapisan kulit menipis, sehingga rentan teriritasi dan memerah. Jika merah-merah pada kulit disertai rasa gatal dan perih, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter ahli.

Dalam kondisi normal atau wajar, pipi yang bersemu merah memang bisa menambah kecantikan. Tapi jika kemerahan itu terjadi di seluruh wajah hingga ke kuping, maka bisa mengganggu penampilan dan membuat Anda sedikit tidak nyaman. Apabila sudah merasa terganggu dengan rona merah pada wajah, Anda bisa mengatasinya dengan menepuk-nepukkan handuk basah yang sudah dicelup air dingin. Lakukan cara ini paling sebentar 20 detik atau bisa lebih lama lagi. Air dingin akan membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga kemerahannya berkurang.


(hst/fer)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com