Sabtu, 26/10/2013 12:05 WIB

Tips Mudah dan Murah untuk Merenovasi Rumah

Gesi Kautzar - wolipop
Tips Mudah dan Murah untuk Merenovasi Rumah dok. Thinkstock
Jakarta - Rumah adalah tempat untuk bersantai dan beristirahat, namun lambat laun Anda mungkin bosan dekorasinya. Agar lebih segar dan mempercantik rumah adalah dengan merenovasinya. Ada banyak tips sederhana dan mudah untuk merenovasi rumah. Anda dapat membuat perbedaan tanpa menghabiskan banyak waktu dan usaha, jika Anda memiliki beberapa tips yang efektif untuk merenovasi rumah.

Tambahkan sedikit kreativitas dengan apa yang Anda lakukan, sehingga berakhir dengan hasil yang elegan. Perubahan warna kamar, posisi furnitur atau desain tirai yang berbeda, dapat membuat perbedaan besar dalam rumah.

Anda harus tetap bijaksana dalam merenovasi rumah, sehingga rumah akan terasa tenang dan nyaman. Terlepas dari aspek keindahan, renovasi yang tepat dapat membantu untuk mencegah masalah jangka panjang pada rumah Anda. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk merenovasi rumah, seperti dikutip Bold Sky.

1. Perencanaan
Rumah Anda akan berakhir dengan kekacauan apabila renovasi dimulai tanpa ide dan rencana yang tepat. Ada baiknya putuskan terlebih dahulu apa yang Anda inginkan sebelum mulai merenovasi rumah. Pertimbangkan juga masalah waktu serta biaya.

2. Trendy
Ikuti trend dekorasi rumah saat ini, agar terlihat lebih modern dan fresh. Meski Anda penyuka dekorasi yang vintage, tapi tetap tambahkan elemen-elemen modern untuk mempercantik rumah. Carilah ide di majalah atau website-website dekorasi rumah.

3. Kreatif
Cobalah untuk menggabungkan beberpaa kreativitas Anda saat merenovasi rumah. Hal ini akan membantu dalam mendapatkan tampilan yang berbeda, baru dan menyegarkan. Contohnya, Anda bisa memberi frame pada lukisan atau coretan yang dibuat oleh si kecil. Memang gambarnya abstrak, tapi gambar tersebut tetap saja memiliki nilai unik.

4. Budget
Dalam merenovasi rumah lihatlah budget yang Anda punya. Jika tidak memiliki budget lebih, mungkin Anda bisa memulai merenovasi bagian-bagian yang penting, misalkan genting yang bocor atau warna cat kamar yang sudah memudar. Sesuaikan dengan budget Anda, jangan sampai pengeluaran membengkak dengan merenovasi yang terlalu banyak.

5. Lakukan Satu per Satu
Lebih baik untuk melaksanakan rencana Anda satu per satu, setelah membaginya ke dalam kelompok yang berbeda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengubah ide-ide yang dirasa tidak berjalan sesuai prosedur yang direncanakan.

6. Mengganti Posisi Furnitur
Jika memang tidak memiliki biaya yang banyak untuk renovasi, tapi ingin rumah tampak berbeda, mungkin Anda bisa mengganti posisi furnitur atau ganti gorden rumah Anda. Cara ini bisa membuat suasana berubah.

7. Less for More
Saat mempertimbangkan untuk merenovasi rumah, membuat perubahan kecil akan menjadi ide bagus untuk membuat perbedaan yang besar. Tetaplah membuat rencana yang sederhana.

(kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177