Kamis, 18/07/2013 08:27 WIB

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

Hestianingsih - wolipop
5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari Dok. Thinkstock
Jakarta - Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat. Mengontrol pikiran agar tidak stres, menjaga asupan makanan dan berolahraga merupakan beberapa cara untuk membantu fisik dan mental menjadi lebih sehat. Seseorang tidak bisa menjadi sehat secara instan karena pola hidup sehat biasanya baru dirasakan hasilnya dalam jangka panjang. Namun Anda bisa jadi lebih sehat dalam 10 hari dengan mengikuti langkah-langkah ini. Yang perlu diingat, jalani gaya hidup sehat ini untuk seterusnya. Bukan karena iseng-iseng. Simak tipsnya, seperti yang dikutip dari Health Me Up.

1. Pola Diet
Jaga asupan makanan dan atur pola makan. Pilih makanan yang tidak terlalu berbeda dengan apa yang biasa dikonsumsi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

- Atur porsi makan secukupnya, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.
- Kurangi konsumsi garam karena terlalu banyak garam bisa menyebabkan hipertensi dan penumpukan cairan di dalam tubuh.
- Hindari gorengan. Makanan yang digoreng umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi jantung. Belum lagi lemak yang tinggi bisa membuat Anda lebih cepat lemas.
- Kurangi konsumsi junk food karena mengandung sedikit nutrisi tapi tinggi kalori. Kebiasaan mengonsumsi junk food bisa menyebabkan obesitas, penyakit jantung, kolesterol tinggi bahkan memicu kanker.
- Minum cukup air minimal delapan gelas sehari. Tapi bisa disesuaikan dengan aktivitas Anda sehari-hari (bisa lebih sedikit atau lebih banyak).

2. Olahraga
Rutin olahraga dengan latihan cardio dan angkat beban. Keduanya penting dalam penurunan berat badan. Latihan maksimal dilakukan 45 menit setiap
hari. Apabila Anda sangat sibuk, fitnes 3 kali seminggu pun sudah cukup. Yang terpenting adalah membiasakan tubuh untuk bergerak, karena manusia memang diciptakan untuk aktif secara fisik. Perbanyak jumlah langkah kaki, pilih naik tangga daripada eskalator atau keliling mall selama lebih kurang 30 menit.

3. Hidrasi
Minum cukup air agar warna urin tetap bening. Karena warna air kencing menentukan kecukupan air dalam tubuh. Semakin bening atau berwarna muda, maka kecukupan air sudah bagus. Sedangkan urin yang keruh dan kuningnya pekat bahkan cenderung cokelat ada indikasi Anda mengalami dehidrasi. Terlepas dari apakah Anda minum obat atau tidak. Sebab konsumsi obat terkadang membuat urin berubah warna. Jumlah kebutuhan air bisa meningkat apabila Anda olahraga. Ketika berolahraga sempatkan minum setiap 5-8 menit sekali.

4. Tingkatkan Sistem Imun Tubuh
Sakit, atau tubuh yang kurang fit bisa mengacaukan program fitnes dan diet Anda. Valerie Waters, instruktur fitnes para selebriti dan penulis buku 'Red Carpet Ready' menyarankan, tingkatkanlah sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi cukup vitamin C. Pilih sumber vitamin C alami dari buah-buahan seperti jeruk, mangga, kiwi, anggur, lemon dan stroberi.

5. Tidur Cukup
Menurut Luigi Ferrucci, direktur Baltimore Longitudinal Study of Aging, tidur adalah salah satu fungsi yang paling penting untuk tubuh kita. Sebab waktu tidur digunakan tubuh untuk mengatur dan menyembuhkan sel-sel. Liver pun bekerja menyaring sari-sari makanan dan memisahkannya untuk diserap atau dibuang keluar dari tubuh. Usahakan tidur tak kurang dari enam jam sehari pada waktu malam.

(hst/fer)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177