Rabu, 26/06/2013 13:42 WIB

Manfaat Rajin Olahraga, Tubuh Bugar Mata pun Sehat

Hestianingsih - wolipop
Manfaat Rajin Olahraga, Tubuh Bugar Mata pun Sehat Dok. Thinkstock
Jakarta - Rajin olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik. Tidak hanya membuat badan jadi fit, jarang terserang penyakit dan membantu turunkan berat badan. Tapi fakta baru menunjukkan kalau aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin juga bermanfaat menjaga kesehatan mata.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science, olahraga atau fitnes secara rutin dan berkesinambungan bisa menurunkan risiko terkena penyakit glaukoma. Para peneliti memeriksa 5.650 pria dan wanita berusia 48-90 tahun sebagai objek penelitian.

Dari hasil pemeriksaan, mereka menemukan responden yang rajin olahraga dalam 15 tahun terakhir, risiko mengalami low ocular perfusion pressure (OPP) --salah satu faktor penyebab glaukoma-- berkurang hingga 25 persen.

"Sepertinya OPP banyak dipengaruhi oleh fitnes yang berhubungan dengan latihan kardiovaskular. Kami belum bisa berkomentar lebih banyak tentang penyebab pastinya, tapi jelas ada hubungannya antara gaya hidup tidak aktif dengan faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko glaukoma," ujar Paul J. Foster, M.D. Ph.D, seperti dikutip dari Huffington Post.

Seperti dikutip dari detikhealth, glaukoma adalah gangguan penglihatan yang disebabkan saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat. Akibatnya bola mata akan membesar dan menekan syaraf mata yang berada di belakang bola mata. Pada akhirnya, syaraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga mati.

Ada dua jenis glaukoma yang umum yaitu sudut mata tertutup dan terbuka. Glaukoma bisa menyebabkan kebutaan dan umumnya terjadi pada pria dan wanita berusia 40 tahun ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi di usia lebih muda dari 40 tahun.

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177