Rabu, 05/06/2013 09:05 WIB

Merawat Kulit Berjerawat dengan Terapi Air Panas & Dingin

Kiki Oktaviani - wolipop
Merawat Kulit Berjerawat dengan Terapi Air Panas & Dingin Dok. Thinkstock
Jakarta - Dasar perawatan untuk kulit berjerawat adalah rajin membersihkan wajah, apalagi setelah menggunakan make-up seharian. Tapi tidak hanya sampai di situ, ternyata pemilihan air ketika sedang membersihkan wajah juga mempengaruhi 'kesembuhan' jerawat.

Metode menghilangkan jerawat dengan air panas dan dingin ternyata bermanfaat besar bagi kulit jerawat dan sensitif. Dilansir Beauty Rama, berikut ini terapi mengatasi jerawat dengan air panas dan dingin.

1. Air Panas
Selain baik untuk melancarkan peredaran darah, air hangat yang dibasuhkan pada wajah baik untuk melembabkan, merevitalisasi dan memberi oksigen pada kulit. Uap dari hangat juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran pada wajah. Uap air panas dapat membuka pori-pori, sehingga komedo dan bakteri pada jerawat dapat keluar.

Caranya dengan mendekatkan wajah ke baskom yang berisi air hangat, lalu tutupi kepala, agar uap yang keluar hanya terkonsentrasi pada bagian wajah saja. Setelahnya, jangan lupa untuk membasuh wajah dengan air dingin, untuk menutup kembali pori-pori.

2. Air Dingin
Sedangkan air dingin dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan wajah dan meredakan kemerahan pada jerawat. Air dingin juga bisa mengempiskan jerawat. Air dingin sangat ideal sebagai ritual perawatan wajah pada pagi hari. Berguna untuk mengaktifkan sirkulasi darah, mengurangi minyak yang menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat. Air dingin pun dapat mengecilkan pori-pori.

Pada pagi hari cucilah wajah dengan air dingin untuk memberikan kesegaran pada kulit. Untuk perawatan malam, air dingin dibasuh setelah mencuci wajah dengan air hangat dan sabun. Air hangat membuka pori-pori dan ibaratnya kulit ditutup kembali dengan air dingin, agar minyak dalam kulit terkunci.

3. Tambahkan Lemon
Anda bisa menambahkan potongan lemon dalam air panas ataupun dingin. Lemon mengandung asam sitrat, asam laktat dan glikolatjus yang dapat mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya. Selain itu lemon dapat mencerahkan wajah.

(kik/rma)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com