Selasa, 26/02/2013 17:36 WIB

Kenapa Sejak Awal Hamil Sampai Mau Melahirkan Jadi Malas Bercinta?

Vanda Mustika - Wolipop
Kenapa Sejak Awal Hamil Sampai Mau Melahirkan Jadi Malas Bercinta? Dok. Thinkstock
Jakarta -

Dokter, saya baru menikah satu tahun. Sekarang sedang hamil delapan bulan. Sejak awal hamil, saya ogah-ogahan melakukan hubungan dengan suami. Setiap selesai melakukannya selalu ingin muntah karena air liur berubah agak kental, membuat enek.

Sekarang ketika hamil tua, setiap setelah melakukan hubungan, saya selalu pusing seperti berputar-putar. Apa itu akibat perubahan hormon atau karena bawaan saja dok? Terima kasih sebelumnya.

Amel, 25 Tahun

Jawab:

Selama kehamilan terjadi berbagai perubahan pada tubuh, hal ini akibat perubahan hormonal selama kehamilan. Salah satunya adalah air liur yang menjadi lebih kental sehingga mungkin membuat anda merasa tidak nyaman untuk melakukan hubungan seksual dengan suami anda. Hal ini bisa disiasati dengan minum banyak air putih atau mengulum permen.

Seiring dengan usia kehamilan yang semakin bertambah, maka terjadi perubahan pengaturan cairan tubuh, di mana cairan cenderung tertahan di dalam tubuh, dan darah cenderung menjadi lebih encer. Dengan kondisi ini, maka ibu hamil sering mengalami anemia atau konsentrasi haemoglobin yang relatif rendah. Haemoglobin sendiri bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Bisa dibayangkan dengan konsentrasi haemoglobin yang rendah maka pasokan oksigen ke otak akan mengalami penurunan yang menyebabkan kepala anda sering terasa berputar.

Aktivitas seksual sendiri menyebabkan peredaran darah terpusat di daerah panggul dan sekitarnya. Hal ini semakin mengurangi aliran darah ke otak. Dalam hal ini mungkin bisa disiasati dengan memposisikan kepala sama tinggi dengan jantung, misalnya tidak menggunakan bantal saat melakukan hubungan seksual, kemudian buatlah posisi anda senyaman mungkin, bila perlu hindari posisi-posisi yang membuat kepala anda pusing.

(eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com