Selasa, 15/01/2013 17:31 WIB

Cara Langsing & Sehat dengan Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Kellie Karlina - wolipop
Cara Langsing & Sehat dengan Konsumsi Karbohidrat Kompleks Dok. Thinkstock
Jakarta - Karbohidrat kompleks menjadi salah satu komponen makanan yang penting dalam diet penurunan berat badan. Tanpa harus diet terlalu ketat, Anda tetap bisa mendapatkan berat badan ideal karena karbohidrat kompleks kaya akan serat dan lebih sedikit gula ketimbang karbohidrat sederhana. Ingin tahu lebih banyak manfaat karbo kompleks untuk kurangi berat berlebih? Pakar Nutrisi Priya Kathpal menjelaskan mengenai perbedaan antara karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, serta bagaimana penggunaannya secara tepat untuk diimplementasikan pada program diet sehat.

1. Apa Itu Karbohidrat Kompleks?
"Karbohidrat terbuat dari molekul gula. Setiap bagian karbohidrat yang mengandung tiga atau lebih molekul gula disebut sebagai karbohidrat kompleks," ujar Priya, seperti dikutip dari Health Me Up.

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh terus mengeluarkan energi untuk menghancurkannya dan mengurangi resiko timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan gula. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan juga sayuran.

2. Kandungan Gizi
Karbohidrat kompleks kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan dan merupakan sumber energi bagi tubuh. Jika Anda sedang menjalani program diet, mengonsumsi karbohidrat kompleks membuat Anda kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga memiliki kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah yang banyak.

3. Tipe
Ada dua jenis karbohidrat kompleks yakni zat tepung dan juga serat. Karbohidrat kompleks yang berbentuk zat tepung adalah kentang dan juga roti gandum, sedangkan serat terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan juga gandum. Kedua jenis karbohidrat kompleks ini baik untuk kesehatan karena memberikan nutrisi, energi dan juga baik untuk pencernaan.

4. Keuntungan
Selain kaya serat dan nutrisi, karbohidrat kompleks memiliki kadar gula yang stabil karena mengandung molekul gula yang kompleks dan sulit untuk dicerna secara cepat. Hal ini membuat tubuh memiliki energi dalam jangka waktu yang lebih lama karena kadar gula dalam darah tidak melonjak ataupun menurun secara drastis, serta membuat kadar kolestrol tetap terjaga.

Kabar baiknya, program diet yang menggunakan karbohidrat kompleks membuat perut lebih ramping. Mengapa? Karena karbohidrat kompleks memberikan stimulus serotonin pada tubuh, yakni senyawa yang mengontrol emosi dan juga nafsu makan.

5. Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks
Berikut adalah makanan yang termasuk dalam karbohidrat sehat:
- Beras merah
- Roti gandum
- Kentang rebus
- Sereal gandum
- Bubur oats
- Biji-bijian
- Kacang-kacangan

6. Menambah Karbohidrat Kompleks dalam Diet
Pilihlah snack sehat yang akan membuat Anda kenyang lebih lama, bukan makanan-makanan yang telah diproses ataupun yang cepat saji. Kacang-kacangan, kismis, dan juga gula pengganti yang sehat dapat dipilih untuk dimasukan pada program diet Anda. World Health Organization (WHO) menganjurkan untuk mengubah pola makan menjadi 55-75% menggunakan karbohidrat kompleks sedangkan hanya 10% karbohidrat sederhana atau putih.

7. Carb Lovers Diet
Diet karbohidrat kompleks mengutamakan sarapan yang kaya akan kandungan karbohidrat baik seperti gandum utuh, oatmeal, dan juga buah-buahan yang mengenyangkan seperti pisang. Seluruh menu yang dimakan haruslah yang bersifat mengenyangkan karena mengandung gandum utuh yang kaya akan kandungan serat. Tidak ada syarat mutlak mengenai makanan yang wajib dikonsumsi, yang penting mengenyangkan, sehat dan kaya akan vitamin, mineral serta serat.

(hst/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com