Selasa, 25/09/2012 09:59 WIB

Liputan Khusus

6 Tips Merintis Karir Sebagai Manajer Artis

Arina Yulistara - wolipop
6 Tips Merintis Karir Sebagai Manajer Artis dok. Thinkstock
Jakarta - Tertarik menjadi manajer artis profesional? Bila ingin menjadi seorang manajer yang sukses, Anda harus mau susah dahulu, disiplin, dan beberapa hal lain penunjang karier Anda. Bila sudah serius menjalaninya, alangkah baiknya jika Anda menyimak enam hal berikut ini.

1. Harus Mau Susah
Langkah awal yang harus Anda lakukan bila ingin merintis karier sebagai manajer artis profesional adalah harus mau susah. Tidak ada jalan cepat menuju kesuksesan, terutama bagi Anda yang ingin bergelut di dunia hiburan. "Harus berani susah, mengatur artis enggak gampang karena mereka manusia," ujar Sulung Landung, seorang manajer artis terkemuka kepada wolipop, Kamis (20/9/2012).

2. Disiplin
Penerapan disiplin sangat penting ketika menjadi manajer artis. Tidak hanya berlaku untuk diri Anda, tapi juga untuk artisnya. Anda harus tegas dalam menerapkan disiplin walaupun pamor artis sudah cukup tenar di industri hiburan. "Time is money. Kalau ingin menjadi musisi profesional ya harus disiplin karena kalau sudah tdikontrak harus dilaksanain atau kontraknya nanti harus bayar," ungkap Bunda Iffet, manajer band Slank, yang diwawancarai oleh wolipop Jumat (21/9/2012).

3. Punya Passion yang Kuat
Bila ingin bertahan di dunia hiburan, Anda harus memiliki passion yang kuat. Cintai pekerjaan Anda agar selalu semangat walaupun sedang terpuruk. "Kalau kita mencintai pekerjaan kita, saat merasa down, kita ingat kalau ini profesi yang kita pilih, kita harus semangat terus, kita harus berusaha untuk menjalani profesi kita dan mencintai profesi itu," saran Sulung yang telah sepuluh tahun lebih menekuni pekerjaannya sebagai manajer.

4. Pilih Artis yang Cocok
Jangan sembarangan dalam memilih artis supaya tidak menyulitkan Anda ke depannya. Bunda Iffet, selaku manajer dari Slank, menyarankan agar Anda memilih artis yang sehati dengan Anda. Hal itu hampir sama dengan pernyataan yang diungkapkan oleh Sulung, "Kita harus cocok, saling respek satu sama lain, harus punya chemistry."

5. Mengerti Keuangan & Kontrak
Agar tidak ditipu oleh berbagai pihak, Anda harus mengerti keuangan serta mengenai kontrak yang akan disepakati. Dalam bukunya yang berjudul 'Artist Management 101: Jalang Panjang Lahirkan Bintang', Sulung mengatakan kalau kontrak merupakan senjata untuk menghindari keterlambatan pembayaran klien. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki perjanjian secara tertulis yang menyatakan konsekuensi hukum bila terjadi sesuatu yang akan merugikan Anda.

6. Tidak Pernah Berhenti Belajar
Jangan pernah berhenti belajar bila ingin sukses. Seperti yang diungkapkan oleh Sulung, dia tidak pernah menyerah mempelajari banyak hal baru agar semakin berkembang. "Saya mau terus belajar, saya tidak mau ada di posiisi titik, saya selalu ada di posisi koma, saya pikir belajar tidak pernah habis dan tidak ada batasnya," tutur pria kelahiran Pematang Siantar itu.

(fer/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com