Kamis, 12/05/2011 08:42 WIB

Cegah & Basmi Jerawat dengan Masker Pisang

Hestianingsih - wolipop
Cegah & Basmi Jerawat dengan Masker Pisang Dok. Thinkstock
Jakarta - Wajah yang berkomedo dan berjerawat sepertinya selalu menjadi masalah kecantikan kulit yang banyak menimpa wanita. Selain penggunaan krim atau lotion jerawat, Anda pun perlu melakukan perawatan intensif, salah satunya penggunaan masker.

Banyak masker jerawat di pasaran yang diklaim terbuat dari bahan-bahan alami. Tapi tidak ada yang sealami masker yang kita buat sendiri dengan buah-buahan asli.

Dikutip dari Becomegorgeous, ada tiga buah kaya antioksidan yang bisa Anda jadikan salah satu tahap perawatan rutin pembersihan jerawat. Masker buah ini juga bisa digunakan untuk mencegah jerawa dan membuat wajah lebih bercahaya. Gunakan masker ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

1. Masker Pisang
Kandungan antioksidan dan mucopolysaccharides bisa membuat kompleksi wajah lebih bersinar, juga membantu 'memerangi' jerawat. Buah yang kaya potassium ini cocok untuk kulit sensitif karena tidak membuat kering.

Untuk membuatnya, tumbuk dua pisang ukuran sedang sampai halus, lalu taruh dalam mangkok atau baskom. Kemudian tambahkan dua sendok teh madu agar terbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah, diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Anggur
Selain pisang, anggur juga buah yang megandung banyak antioksidan. Buah yang masuk dalam kelompok beri ini juga kaya vitamin E dan C yang bisa melembabkan dan memperbaiki tekstur kulit berjerawat.

Haluskan beberapa butir anggur, lalu campur dengan dua sendok teh madu. Selain untuk membentuk pasta agar mudah dibubuhkan pada kulit, madu juga berkhasiat melembutkan dan anti bakteri. Kemudian oleskan masker annggur ke wajah, biarkan 10-15 menit dan bersihkan dengan handuk hangat. Oleskan toner dan pelembab setelahnya.

3. Nanas
Nanas kaya akan enzim yang disebut bromelain. Enzim ini dipercaya ampuh merevitalisasi kulit dan menyingkirkan sel kulit mati -penyebab menyumbatnya pori.

Blender beberapa potong nanas, lalu campurkan dua hingga tiga sendok makan tepung hingga membentuk pasta kental. Terapkan pasta nanas ke kulit wajah, biarkan lebih kurang 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini setiap kali timbul jerawat atau saat wajah tampak kusam.



(hst/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177