Nge-Vlog & 4 Trik Lain Agar Anak Tak Rewel Saat Bosan di Rumah

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 31 Jul 2016 11:25 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Anak masih berusia di bawah lima tahun seringkali rewel ketika merasa bosan dengan mainannya. Hal tersebut kerap membuat para ibu terutama yang masih berusia muda merasa kesal dan memarahi si kecil. Mengomel atau hanya marah-marah tidak akan membuat anak diam justru bisa semakin rewel. Maka dari itu sebaiknya cari cara lain untuk menghibur anak yang sedang merasa bosan di rumah. Berikut lima tips yang bisa dicoba.

1. Vlogging
Membuat vlog menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Coba ajak anak Anda membuat video agar dia tidak merasa bosan. Ini bisa menjadi alternatif cara untuk menyenangkan anak agar ia betah di rumah. Ajarkan si kecil merekam tingkah laku keluarga sekaligus dirinya sendiri. Anda pun bisa mengajaknya menari serta menyanyi bersama sambil direkam melalui kamera. Setelah itu, biarkan sang buah hati menonton aksinya sendiri agar ia merasa senang.

2. Ajarkan Membuat Makanan/Minuman
Kalau anak sedang bosan, ajarkan mereka membuat makanan atau minuman merupakan ide yang baik untuk mengatasi kejenuhan. Anda dapat menyuruh si kecil mengaduk adonan kue atau memecahkan telur ke dalam mangkok. Dengan cara ini, Anda bisa melatih sang buah hati membuat resep sederhana yang baru, seperti mencampurkan beberapa rasa es krim atau membuat milkshake. Akan tetapi, Anda harus tetap mengawasi mereka selama di dapur. Jangan sampai mereka terluka karena Anda lalai menjaganya.

3. Minta Anak Bikin Cerita
Mungkin anak bosan selalu membaca cerita atau dongeng yang sama setiap hari. Untuk itu, coba suruh dia membuat cerita sendiri. Berikan anak Anda beberapa ide untuk menentukan plot sederhana, lalu biarkan ia mengembangkannya menjadi sebuah cerita. Jika Anda tidak terlalu sibuk, duduk bersama anak dan bantu dia membangun ceritanya. Anda bisa membantu untuk merekam ceritanya agar bisa didengarkan kembali.

4. Kerajinan Tangan
Jika si kecil sudah mulai rewel, Anda bisa mengajak dia membuat kerajinan tangan. Banyak tutorial yang dapat dipelajari melalui buku maupun video di internet. Anda bisa mengajarkan mereka membuat vas bunga dari barang-barang bekas atau gantungan penghias dinding. Tak hanya akan membuatnya sibuk, cara ini juga melatih kreativitas anak kedepannya.

5. Keliling Rumah
Ketika Anda tidak bisa mengajaknya bermain keluar rumah, coba ajak keliling rumah. Permainan petak umpet atau sejenisnya bisa menjadi salah satu cara mudah untuk menghilangkan kebosanan sampai anak lelah bermain. (aln/asf)