Nasihat Petra Nemcova Dalam Menghadapi Tsunami

- wolipop Minggu, 13 Mar 2011 13:13 WIB
Jakarta - Model Petra Nemcova adalah salah satu korban tsunami yang terjadi di Thailand pada 2004. Ia bisa selamat karena dirinya bertahan di atas sebuah pohon. Sayang tunangannya yang juga fotografer Simon Atlee tidak bisa menyelamatkan diri.

Setelah peristiwa memilukan itu, Petra berusaha bangkit. Kini ia pun ingin berbagi nasihat dalam menghadapi tsunami.

"Salah satu hal penting jika kamu adalah salah satu korban adalah tetap tenang dan memang sulit melakukannya. Namun kalau kita tidak tetap tenang dan fokus, kita bisa melewatkan membantu orang lain atau bahkan diri sendiri," tutur model asal Republik Ceko itu pada Access Hollywood.

Wanita 31 tahun itu mengaku sangat sedih dan berat baginya melihat video tsunami yang terjadi di Jepang. Ia pun menyayangkan karena sebenarnya sampai saat ini banyak orang yang belum mengenali apa itu tsunami dan apa yang harus dilakukan saat bencana tersebut terjadi.

"Apa yang harus dilakukan (saat tsunami), apa yang harus dilakukan saat gempa bumi dan persiapan sederhana lainnya dalam menghadapi bencana, tidak pernah benar-benar diterapkan di manapun," kata Petra yang kini sudah bertunangan dengan aktor Inggris, Jamie Belman.

Petra juga menyayangkan karena persiapan menghadapi bencana tidak diajarkan di sekolah. "Banyak orang bisa selamat, kalau mereka tahu apa yang harus dilakukan, bagaimana mengenali (bencana) dan bisa lebih siap, ketimbang reaktif," tandas model yang sebelum menjadi korban tsunami kerap tampil di majalah baju renang, Sports Illustrated itu.

(eny/eny)