4 Sikap Menghadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan

- wolipop Jumat, 14 Jan 2011 11:28 WIB
Jakarta - Saat Anda dinilai baik oleh atasan dan mendapatkan sebuah prestasi, mungkin saja salah seorang rekan kerja merasa kalah saing dan mulai menunjukkan sikap ketidaksukaannya kepada Anda.

Sikapnya yang semakin menyebalkan bisa saja membuat Anda geram. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk mengontrol situasi yang tidak mengenakkan tersebut? Seperti dikutip she knows, berikut tiga cara menghadapi rekan yang menyebalkan.

1. Tetap fokus pada diri sendiri
Pertama-tama Tetaplah fokus pada diri Anda sendiri. Meskipun Anda sangat kesal jangan tunjukkan raut wajah marah dan kesal. Jangan pedulikan sikapnya, anggap saja ia tidak ada di sekitar Anda.

2. Ambil perhatian rekan lain

Mungkin dia akan berusaha menyindiri atau mengambil alih pembicaraan. Bersikaplah sewajarnya dan tenangkan diri Anda, jika Anda bisa menguasi situasi, ambil perhatian rekan lain dengan berdiskusi dan tanggapan yan lebih cerdas. Ingat, Anda tak perlu menunjukkan kemarahan di depan rekan kerja lainnya.

3. Jangan membalasnya
Membalas perlakuannya dengan hal yang sama atau malah lebih negatif akan memperburuk kondisi hubungan Anda dan dia. Tidak hanya itu, menunjukkan sikap pembalasan akan membuat seluruh kantor mengetahui masalah Anda.  Hal itu dapat merusak karir dan reputasi Anda.

Lebih baik, lakukanlah hal-hal positif, misalnya mengajaknya berbicara secara pribadi dan Anda bisa berniat baik dengan membantu pekerjaannya. Dengan begitu, pertikaian dan persaingan sengit bisa lebih teredam.

4. Hindari menyebarkan masalah Anda

Kesal dan marah dengan sikap rekan kerja wajar saja, tapi jangan sampai masalah tersebut Anda sebarkan kepada rekan lain. Ini hanya akan menguras energi dan malah menyebabkan Anda bekerja tidak efisien.

Simak juga artikel lainnya dalam menghadapi rekan kerja.

6 Strategi Menghadapi Kritik

7 Solusi Dalam Mengatasi Konflik Di Kantor

3 Cara Terbaik Agar Tidak Menangis Di Kantor
(kik/kik)