Panduan Memilih Rumah Sakit Bersalin

- wolipop Rabu, 11 Agu 2010 10:25 WIB

Jakarta - Setiap rumah sakit bersalin memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada baiknya Anda melakukan 'window shopping' sebelum memutuskan untuk bersalin di rumah sakit pilihan Anda. Berikut beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan :

1. Jarak rumah tinggal ke rumah bersalin
Sebaiknya pilih rumah sakit yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Bila suatu saat Anda mengalami kontraksi maka rumah sakit yang dituju bisa dijangkau dalam waktu singkat.

2. Dana dan fasilitas
Bila dana rumah sakit Anda tanggung sendiri, sebaiknya perhatikan terlebih dulu budget yang Anda miliki. Carilah informasi dan lakukan perbandingan mengenai biaya yang akan dikeluarkan dan fasilitas - fasilitas di rumah sakit bersalin sebelum memutuskan.

3. Layanan siaga 24 jam
Pilihlah rumah sakit bersalin yang siaga 24 jam dan layanan hotlinenya dapat dihubungi kapanpun. Waktu bersalin yang tidak bisa diprediksi dapat di antisipasi. Pasien sangat dianjurkan untuk menelepon rumah sakit bersalinterlebih dahulu agar pihak rumah sakit bersiap-siap begitu pasien tiba.

4. RS Pro IMD dan ASI Eksklusif

Rumah sakit yang mendukung keberhasilan Inisiasi Menyusui Dini dan ASI Eksklusif tentu menjadi pertimbangan utama. Jika Anda berniat untuk memberikan ASI kepada bayi Anda, teliti prosedur yang ada di rumah sakit tersebut mengenai IMD dan ASI Eksklusif.

Sebelumnya, diskusikan rencana persalinan Anda dengan dokter atau bidan yang menangani para ibu. Jika hak Anda dan bayi agar dapat melakukan IMD dan memberikan ASI tanpa suplemen lain tidak bisa dikabulkan, sudah saatnya Anda berpikir untuk mencari rumah sakit lain.

5. Fasilitas Rooming In
Anda ada baiknya memilih rumah sakit bersalin dengan fasilitas rooming in, yaitu fasilitas bayi ditempatkan di kamar yang sama dengan Anda setelah proses persalinan selesai. Manfaatnya adalah bayi akan terjamin untuk mendapatkan ASI, bayi dapat menyusui kapan pun ia mau, memudahkan ibu mengenali ritme bayi dan menunjang keberhasilan ASI Eksklusif.



(eya/fer)