10 Kebiasaan yang Bikin Susah Jadi Kaya, Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 23 Apr 2022 07:00 WIB
hand showing rupiah money from wallet isolated on white background Ilustrasi kebiasaan yang jadi penyebab susah kaya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Dicky Algofari

Kebiasaan yang Jadi Penyebab Susah Kaya

5. Berharap Keajaiban alias Malas

Orang-orang yang terus-menerus dalam masalah uang sering percaya bahwa memperbaiki keuangan mereka akan membutuhkan keajaiban. Kamu tidak akan pernah bisa bebas dari utang dengan menang lotre, mendapatkan rejeki nomplok dari kerabat kaya, atau mendapatkan pekerjaan dengan gaji terbaik di dunia begitu saja.
Jadi, alih-alih menunggu keajaiban, mulailah membuka tagihanmu dan luangkan waktu untuk membuat anggaran. Siapkan perjanjian pembayaran agar tetap terkini, bayar semua tagihan baru tepat waktu, dan ingatlah bahwa kamulah yang terpengaruh ketika kamu terjebak dalam utang.

6. Gaya Hidup

Salah satu kebiasaan yang bikin susah jadi kaya adalah tuntutan gaya hidup yang godaannya tidak bisa dikontrol. Rumah baru, liburan, atau sekadar meningkatkan pengeluaran sehari-hari bisa menjadi pengeluaran tak terduga yang tak penting demi mengikuti gaya hidup. Penghasilan bukanlah satu-satunya faktor dalam membangun kekayaan. Cara kamu mengelola uang itulah yang diperhitungkan.

7. Jauhi Utang

Ketika kamu memiliki jumlah utang yang tampaknya tidak dapat diatasi, hanya memikirkan untuk membayarnya dapat membuat kamu merasa stres. Strategi untuk mengelola utang ini adalah dengan menghindarinya.
(eny/eny)