ADVERTISEMENT

Alasan Raditya Dika Siapkan Dana Pernikahan Anak yang Masih Berusia 2 Tahun

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 02 Des 2021 16:15 WIB
Anak kedua Raditya Dika Raditya Dika bersama Annisa Aziza dan kedua anaknya. Foto: Instagram @anissaaziza
Jakarta -

Raditya Dika tampil dalam podcast Deddy Cobuizer yang jadi perbincangan. Dalam video yang tayang kemarin, pria yang dikenal sebagai penulis dan komika tersebut mengungkap sejumlah tujuan finansialnya. Ternyata Radit sudah berpikir jauh mengenai masa depannya dan anak-anak. Dianggap terlalu jauh, hal itu bahkan bikin Deddy kaget dan tak setuju.

Dalam podcast YouTube terbarunya, Deddy Cobuizer banyak bicara tentang keuangan dengan Raditya Dika. Pemain film Marmut Merah Jambu tersebut mengaku bahwa ia sudah berinvestasi untuk masa depannya dengan anak. Tak hanya untuk pensiun atau pendidikan anak, Radit mengaku punya tujuan baru yakni dana pernikahan anak.

"Aku sering share tujuan keuangan yang baru nih apa contohnya yang baru tuh nikahan anak udah mulai aku kumpulin," ujar Raditya Dika.

Hal itu pun membuat Deddy tertawa. "Ini benaran kan kita harus punya tujuan keuangan kan sekolah anak udah. Prinsip investasi adalah menyiapkan hal terburuk yg mungkin terjadi di kehidupan hari," ungkapnya.

Deddy pun mengaku tidak setuju dengan pilihan Radit yang satu itu. Menurutnya, hal tersebut bisa membuat anak perempuannya tidak memilih pria yang mapan. Namun Radit berdalih bahwa menyiapkan lebih baik untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan.

"Kalau dia punya uang sendiri dan calon suaminya punya uang sendiri ya biayain nikahinnya terus investasi itu buat apa buat yang lain buat dana pensiun lagi," kata ayah dari satu anak lelaki dan perempuan itu. "Kalau dia tidak bisa, sudah kita siapin," tambah suami Anissa Aziza tersebut.

Raditya Dika sendiri sudah menyiapkan dana pensiunnya sejak berusia 21 tahun. Dana pendidikan anak bahkan sudah disiapkan sebelum menikah. Ia juga selalu berusaha punya tujuan finansial agar keuangannya bisa dialokasikan dengan baik.

"Aku sudah siapin dana pendidikan anak sebelum nikah waktu belum mau punya anak dan istri, waktu itu sudah menyiapkan untuk satu anak, sudah terkumpul, untuk anak kedua aku ngumpulin lagi ketika sudah terkumpul apa lagi tujuannya," ujar Radit saat membela keputusannya.

Lebih lanjut juri Indonesia Mencari Bakat itu mengungkap pendapatnya mengenai investasi dan kemewahan. Ia mengaku ingin mempersiapkan generasi yang lebih baik yang tidak harus menanggung beban orangtuanya.

"Kemewahan paling hakiki adalah ketika kita mampu membeli waktu. Misalnya kita punya uang cukup untuk gofood setiap hari ketimbang masak sendiri 30 menit. Kita punya uang untuk mengganti waktu main sama anak ngedevelop diri sendiri. Dana pensiun itu membebaskan waktu ketika kita tua supaya kita nggak nuker-nuker lagi," kata Raditya Dika.

(ami/ami)