Ternyata, Ini 5 Keuntungan Penganut Gaya Hidup Cashless Society!

Alfi Kholisdinuka - wolipop Sabtu, 25 Sep 2021 10:03 WIB
Ilustrasi QR Code Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mayoritas masyarakat urban mungkin sudah cukup familiar dengan istilah cashless society. Apalagi di era digital saat ini, gaya hidup cashless society santer diterapkan dalam berbagai aktivitas untuk menunjang berbagai keperluan.

Pasalnya, cashless society ini membuat hidup lebih simpel dan nggak ribet karena tidak perlu bawa uang berlembar-lembar yang tebal dan rentan sobek. Cukup memanfaatkan smartphone semua transaksi bisa dilakukan secara nontunai.

Selain itu, memang apa saja sih manfaatnya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 5 keuntungan penganut gaya hidup cashless society.

1. Praktis Tak Perlu Keluarkan Dompet

Hidup nontunai atau cashless society itu praktis dan efisien. Semua transaksi menjadi semakin mudah dan cepat. Mulai dari belanja online, transfer uang ke rekening lain, membeli makanan dan minuman, membayar transportasi, hingga berdonasi, semua bisa dilakukan dengan modal smartphone.

Pasalnya, berbagai transaksi cashless juga bisa dilakukan hanya dengan scan QR Code atau QRIS via smartphone tanpa harus repot mengeluarkan dompet dan nggak perlu tukerin uang kalau nggak ada kembalian.

2. Mudah untuk Memilih Produk Keuangan

Adapun salah satu keuntungan di cashless society juga memudahkan kamu untuk memilih produk keuangan seperti investasi, asuransi, dan lain-lain. Karena biasanya produk-produk ini tersedia di aplikasi keuangan atau di marketplace, yang tentunya bisa kita bayar dengan transaksi nontunai.

3. Semua Transaksi Tercatat Otomatis

Tren cashless juga membuat riwayat transaksi nontunai yang kita lakukan tercatat otomatis di aplikasi digital. Hal ini tentu sangat membantu melakukan pencatatan uang keluar yang kita belanjakan. Dengan begini, akan bisa berguna untuk kamu mengatur keuangan dengan mengontrol transaksi yang sekiranya tidak diperlukan ke depannya.

4. Banyak Promo Jadi Lebih Hemat

Promo ini bonus, tapi menjadi salah satu keuntungan di kalangan cashless society. Pasalnya, perusahaan keuangan digital kerap bekerja sama dengan sejumlah merchant atau penyedia jasa untuk memberikan promosi, mulai dari cashback, potongan harga, promo buy 1 get 1, dan lain sebagainya. Dengan begini, cashless society jadi bisa hidup lebih menekan pengeluaran dan hidup dengan hemat.

5. Aman Nggak Perlu Bawa Banyak Uang Tunai

Kalau dulu orang dipaksa untuk membawa uang tunai yang cukup ketika akan keluar rumah, saat ini semua sudah berubah. Sudah bukan zamannya lagi kamu membawa uang tunai dalam jumlah besar saat bepergian.

Tren cashless membuat kamu hanya perlu membawa kartu atau smartphone saat berbelanja. Pasalnya, semua uang yang kamu miliki bisa disimpan secara nontunai dengan lebih aman, sehingga kamu cukup menyisihkan sedikit uang tunai untuk transaksi non cashless.

Itu dia beberapa keuntungan dari budaya nontunai atau cashless. Ternyata cukup banyak kan manfaat dan kebaikannya? Namun pastinya, kamu tetap harus menjaga diri, agar tetap aman dalam memanfaatkan ekosistem cashless ini, salah satunya dengan memilih layanan fintech yang tepat dan aman seperti Dompet Digital DANA.

Dompet Digital DANADompet Digital DANA Foto: Dok. DANA

Pasalnya, sebagai bagian dari ekosistem cashless society, DANA menjamin para penggunanya dengan keamanan berlapis dengan DANA Protection. DANA Protection adalah fitur safety dan security di DANA yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih dan dinamis.

Dengan sistem keamanan berlapisnya, DANA Protection akan challenge penggunanya dengan PIN, Kode OTP, atau Verifikasi Wajah sehingga transaksi akan jadi aman. Plus, transaksi pun semakin nyaman karena DANA Protection juga memberikan jaminan 100% garansi uang kembali lho!

Yuk, download & pakai DANA sekarang!

(fhs/ega)