Viral Tagih Utang Rp 1 M Via Karangan Bunga, Ini Tips Tagih Utang Aman

Achmad Reyhan Dwianto - wolipop Senin, 04 Jan 2021 17:42 WIB
Foto: Dok. Pribadi Iren Foto: Dok. Pribadi Iren

3. Tagih secara baik-baik

Rahma mengatakan, sebisa mungkin untuk menagih utang secara baik-baik. 'Sentuh' kebaikan dari sisi penghutang agar nantinya mereka luluh dan segera membayar utang tersebut.

"Tagih hutangnya baik baik, tanya apa kendala si penghutang kenapa belum membayar, tanya kapan waktu persisnya akan dibayar. Jika perlu, bujuk untuk bikin perjanjian baru di atas materai, mengenai rencana pembayaran yang akan dilakukan," kata Rahma.

4. Jangan sebut nama penghutang di media sosial

Kadang sebagian orang merasa lelah menagih hutang yang tak kunjung dibayar, sehingga cara terakhir yang dilakukan adalah dengan membawa kasus utang-piutang ke media sosial.

"Jika mau menyindir di media sosial. Pastikan jangan menggunakan nama orang atau inisial apapun. Ceritakan secara umum saja dan jadikan cerita tersebut sebagai pembelajaran untuk diri sendiri dan orang lain yang membaca. Jika yang bersangkutan adalah orang yang baik, pasti akan merasa bersalah membacanya dan tergerak membayar," jelas Rahma.

5. Ambil jalur hukum

Menurut Rahma, apabila sejumlah cara telah dilakukan dan si penghutang tak juga mau membayar, maka jalur hukum bisa menjadi pilihan untuk dilakukan.

"Jika memang beberapa cara sudah dilakukan namun masih belum berhasil, bisa konsultasi ke ahli hukum apakah bisa dilanjutkan ke ranah hukum atau tidak. Berbagai pertimbangan perlu dilakukan. Yang penting tetap tenang dan lakukan dengan terencana," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)