Sering Boros? Ini 4 Tips Kurangi Kecanduan Belanja Online

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Sabtu, 08 Agu 2020 17:20 WIB
Dompet Foto: Shutterstock
Jakarta -

Berbelanja online sudah jadi tren masa kini. Dengan kemudahan dan waktu belanja yang fleksibel, masyarakat bisa membeli banyak barang favorit hanya dari smartphone atau laptop. Namun dengan kemudahan itu membuat sebagian orang malah ketagihan berbelanja online. Apakah kamu juga termasuk?

Akibat kecanduan belanja online, banyak orang membeli barang-barang yang tidak penting hingga over budget. Jika tidak direm, hal ini bisa berdampak pada kondisi keuangan. Agar belanja online bisa dikurangi beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Blokir Website e-Commerce

Cara yang paling ekstrim adalah dengan memblokir website e-commerce favorit. Dengan tidak bisa mengakses website tersebut, tentu keinginan untuk membeli barang akan sedikit demi sedikit menghilang. Untuk memblokir sebuah website bisa menggunakan browser atau aplikasi yang terdapat di Google Play Store maupun App Store.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Kebanyakan orang menggunakan kartu kredit untuk berbelanja online. Dengan kartu kredit tentu akan mempermudah transaksi. Penggunanya juga tak mengkhawatirkan saldo yang ada di tabungan. Oleh karena itu hindari menggunakan kartu kredit agar setiap uang yang dibelanjakan bisa terkontrol.

Buat Jadwal Berbelanja

Waktu belanja sebaiknya dibatasi setiap bulannya. Cobalah untuk menentukan hari-hari yang diperbolehkan untuk berbelanja. Dengan pembatasan dan jadwal belanja yang ketat, maka pengeluaran yang tidak penting dapat dikurangi.

Tabung Dana Berlebih

Dana yang berlebih juga bisa menimbulkan dorongan untuk berbelanja. Dengan kelebihan dana banyak orang cenderung akan mulai melihat-lihat situs berbelanja online secara otomatis. Nah, sebaiknya dana yang berlebih tersebut dialokasikan ke tujuan yang lebih penting bagi masa depan. Misalnya untuk biaya menikah atau biaya pendidikan anak, hal itu akan mengurangi kecanduan belanja online dengan lebih efektif.

Itulah beberapa tips yang dapat mengurangi kecanduan saat berbelanja online. Selain tips di atas cobalah berbelanja dengan mencari diskonan agar kantong tidak cepat tipis. Seperti pada aplikasi Grab yang saat ini menawarkan paket berlangganan 'Basmi Bosan' untuk belanja online.

Hanya dengan membayar Rp 50 ribu, kamu bisa mendapatkan banyak voucher belanja baju, make up, streaming, dan sebagainya seharga Rp 370 ribu. Untuk mulai berlangganan kamu hanya perlu pergi ke menu Subscriptions di dalam aplikasi.

(prf/eny)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya