Ivan Gunawan Tutup 5 Kartu Kredit, Ini Keuntungannya untuk Keuangan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 11 Jun 2020 11:50 WIB
gaya liburan ivan gunawan Foto: Youtube Ivan Gunawan
Jakarta -

Ivan Gunawan diketahui baru saja menutup sejumlah kartu kredit. Ketika diunggah di Instagram, pria yang akrab disapa Igun pun mendapat banyak dukungan. Bukan rahasia lagi jika kartu kredit sering kali jadi sumber utang saat tidak digunakan dengan baik. Dalam sebuah vlog terbaru, Igun pun menjelaskan alasannya menyudahi pemakaian lima kartu itu. Apa keuntungan menutup kartu kredit seperti Ivan Gunawan?

Dalam sebuah vlog yang dirilis beberapa waktu lalu, Igun menunjukkan bagaimana ia menggunting dua kartu kredit yang limitnya bisa dipakai untuk beli mobil mewah. Sebelumnya ia pernah mengunggah di Instagram tiga kartu lain yang kini sudah jadi kepingan. Sang desainer pun ingin meluruskan pemberitaan mengenai hal tersebut yang sempat jadi viral.

Dikatakan Igun bahwa kondisi yang tidak menentu karena pandemi Corona menjadi sebabnya. Ia tidak ingin pengeluaran terus membengkak sedangkan pemasukan belum tentu bertambah selama COVID-19 masih berdampak. Terlebih artis 38 tahun tersebut juga merasa jadi orang yang konsumtif selama 10 tahun terakhir karena penggunaan kartu kredit.

"Sebenarnya alasannya simpel. Intinya aku ingin mengubah sistem keuangan. Nggak mau jadi konsumtif karena dengan kartu kredit, apalagi limit-nya besar, kita kalau mau beli barang jadi nggak mikir guys. Walau ATM nggak ada uang, bawaaannya pengen spending terus sedangkan semenjak covid pendapatan belum tentu tiap hari masuk. Aku takut memiliki utang yang makin banyak lewat kartu kredit," ungkapnya dalam video 'IGUN GUNTING KARTU KREDIT LAINNYA, LIMITNYA BISA BELI MOBIL MEWAH!!'

Ivan GunawanIvan Gunawan Foto: Youtube Ivan Gunawan

Selain karena COVID-19 dan keinginan untuk tidak konsumtif, Igun juga merasa terganggu dengan seringnya penagihan pembayaran melalui telepon. Meski memang telat membayar, ia mengaku tagihannya hanya berkisar ratusan ribu. Mengatakan sempat diiming-imingi dengan berbagai poin, benefit, dan kelebihan bayar, Igun pun sudah bertekad untuk menggunting lebih banyak kartu kreditnya.

"Memasuki 2020 aku mau jadi manusia yang lebih sadar diri, nggak mau konsumtif dengan belanja yang nggak-nggak, nggak pengen punya utang besar," ujarnya.

Walau total sudah menggunting lima kartu kredit, Igun mengakui jika fasilitas tersebut memang pernah sangat membantunya, terlebih untuk urusan belanja di luar negeri. Pria yang masih punya tujuh kartu lain itu menyatakan jika fasilitas tersebut bisa menguntungkan jika dimanfaatkan dengan baik. Jadi, itu semua tergantung dengan cara pengelolaan uang masing-masing orang.

Menutup dan menggunting kartu kredit seperti yang dilakukan Ivan Gunawan memang bisa bermanfaat. Kamu yang sebenarnya tidak terlalu butuh kartu kredit akan diselamatkan dari pengeluaran tidak terkontrol hanya karena merasa punya dana ekstra.

Belum lagi jika bank menetapkan iuran tahunan yang terbilang mahal karena tentu pengeluaran kamu akan jadi lebih bertambah. Beberapa orang juga mengalami hal tidak menyenangkan lain seperti penipuan dan penyalahgunaan kartu kredit yang tentu merugikan.



Simak Video "Ivan Gunawan Siap Didik Wanita Indonesia Ikuti 'Miss Grand International'"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)