10 Industri Kerja yang Paling Banyak Mencetak Orang Kaya

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 28 Mei 2020 10:48 WIB
NEW YORK, NY - SEPTEMBER 27:  Bill Gates attends the Plenary Session: Investing in Prevention and Resilient Health Systems during the second day of the 2015 Clinton Global Initiatives Annual Meeting at the Sheraton New York Hotel & Towers on September 27, 2015 in New York City.  (Photo by JP Yim/Getty Images) Foto: Getty Images/Thierry Chesnot
Jakarta -

Setiap orang bisa meraih kesuksesan dengan caranya masing-masing. Tapi tak bisa dipungkiri memang ada sejumlah industri yang menghasilkan lebih banyak uang dan orang kaya. Berdasarkan laporan Decade of Wealth 2020 dari firma riset Wealth-X, berikut 10 industri yang paling banyak mencetak miliuner.

10. Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman menjadi kebutuhan pokok semua orang. Tak heran jika perusahaan makanan yang bisa menguasai pasar akan mendapatkan banyak keuntungan. Dilansir Wealth-C, 3,8% dari orang kaya di dunia berbisnis makanan. Tak jarang para pengusaha ini memulainya dari bisnis kuliner kecil tapi inovatif.

9. Konstruksi dan Teknik

LONDON - MARCH 14:  Inventor James Dyson is seen at the launch of his latest hoovering invention on March 14, 2005 in London.  The vaccum cleaner replaces the traditional four wheels with one ball to guide it across the floor giving it increased maneouverability.  (Photo by Bruno Vincent/Getty Images)LONDON - MARCH 14: Inventor James Dyson is seen at the launch of his latest hoovering invention on March 14, 2005 in London. The vaccum cleaner replaces the traditional four wheels with one ball to guide it across the floor giving it increased maneouverability. (Photo by Bruno Vincent/Getty Images) Foto: Getty Images/Bruno Vincent

Industri ini juga dikenal menghasilkan banyak uang. James Dyson adalah salah satu dari 3,9% orang kaya yang punya perusahaan di bidang konstruksi atau teknik. Meski tidak sekolah di bidang ini, Dyson sukses membawa vacuum cleaner tanpa kantong pertama di dunia lalu mengembangkan berbagai perabot rumah yang membuatnya menguasai pasar.

8. Hiburan
Industri hiburan yang kadang dianggap kurang menjanjikan malah bisa mendatangkan banyak keuntungan. Dikatakan jika 4,1% orang kaya bekerja di bidang ini, termasuk Guy Laliberte yang jadi orang kaya berkat sirkusnya. Guy pun awalnya hanyalah seorang performer di jalanan.

7. Manufaktur
Sedangkan sektor manufaktur mencetak 4,1% dari orang kaya di dunia. Salah satu wanita yang sukses dari bisnis ini adalah Diane Hendricks. Memimpin ABC Suppy, perusahaannya adalah distributor terbesar untuk atap, jendela, hingga siding se-Amerika.

6. Teknologi

Mark ZuckerbergMark Zuckerberg Foto: Associated Press

Siapa yang menguasai teknologi pastilah jadi orang berpengaruh. Sudah banyak bukti bahwa industri teknologi sukses mencetak banyak miliuner, seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, hingga Larry Page. 4,7% orang kaya dunia berkarier di bidang ini.

5. Kesehatan
Kesehatan juga diperlukan semua orang. Tak heran jika 4,9% miliarder datang dari bidang tersebut. Salah satunya adalah Ernesto Bartarelli yang menjadi orang terkaya di Swiss karena sahamnya di perusahaan bioteknologi Serono.

4. Real Estate
Semua orang yang berbisnis real estate pastilah miliuner. 5,4% dari orang kaya global pun merupakan pengusaha real estate. Berbisnis properti mungkin sulit dan berisiko tapi keuntungannya tak perlu diragukan lagi.

3. Organisasi Sosial

NEW YORK, NY - FEBRUARY 13:  Melinda Gates and Bill Gates speak during the Lin-Manuel Miranda In conversation with Bill & Melinda Gates panel at Hunter College on February 13, 2018 in New York City.  (Photo by John Lamparski/Getty Images)NEW YORK, NY - FEBRUARY 13: Melinda Gates and Bill Gates speak during the Lin-Manuel Miranda In conversation with Bill & Melinda Gates panel at Hunter College on February 13, 2018 in New York City. (Photo by John Lamparski/Getty Images) Foto: John Lamparski/Getty Images

Tak selalu mengenai materi, banyak orang bekerja untuk amal demi membantu sesama. Dilaporkan bahwa 7% orang kaya bekerja untuk badan nonprofit secara full time, misalnya Bill dan Melinda Gates. Tapi biasanya mereka juga memiliki bisnis lain yang sudah sangat menguntungkan hingga tak perlu lagi memikirkan uang.

2. Bisnis dan Jasa Konsumer
Tak disangka bahwa salah bidang yang paling banyak mencetak orang kaya datang dari bidang jasa konsumer. Salah satunya adalah David Steward yang membangun World Wide Technology, sebuah perusahaan jasa IT. Anak dari tukang sampah ini pun punya kisah inspiratif karena datang dari latar belakang yang sulit.

1. Banking dan Keuangan

JPMorgan ChaseJPMorgan Chase Foto: Dok. Reuters

Orang-orang yang mengelola bank dan sektor keuangan tampaknya benar-benar tahu cara mengelola uang. 22,6% orang kaya di dunia datang dari industri tersebut, termasuk Jamie Dimon yang merupakan bos firma sekuritas JPMorgan Chase. Ia adalah orang terkaya dalam perbankan.



Simak Video "Gelar Miliarder Kylie Jenner Dicabut oleh Forbes"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)
dMentor
×
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis Selengkapnya