Tak Harus Selalu Hemat, 6 Hal Ini Pantas Dibeli dengan Harga Mahal

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 05 Jan 2020 07:03 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang selalu berusaha meminimalisir setiap pengeluaran. Meski bisa hemat, tapi tak selamanya sesuatu yang murah itu baik. Untuk sejumlah hal penting apalagi yang punya nilai investasi tentu tidak masalah merogoh kocek lebih dalam. Menurut pakar keuangan, penting untuk mengerti nilai sebuah pembelian sebelum melakukan sebuah transaksi besar. Karena itu, enam hal berikut boleh dibeli dengan harga mahal.

1. Pendidikan
Pendidikan memang tak harus selalu dengan menempuh sekolah tinggi. Namun hal tersebut perlu diperjuangkan karena memang punya nilai yang tinggi. Bukan hanya sebagai investasi masa depan, pendidikan tinggi juga dianggap bisa membentuk cara pandang seseorang menjadi lebih baik. Karenanya, para pakar menyarankan agar pendidikan diutamakan dan pantas dibeli dengan harga mahal. Selain kuliah, pendidikan yang dimaksud juga bisa berarti kursus atau kelas khusus.

"Sebuah investasi terhadap diri sendiri biasanya pantas (dibeli). Meningkatkan pengetahuanmu bisa meningkatkan modalmu yakni seberapa banyak yang bisa kamu minta dari bosmu. Selain itu, belajar hal baru membuat hidup menarik dan menyenangkan," ungkap perencana keuangan Roger Ma dilansir Business Insider.

2. Liburan
Selagi tidak melebihi kemampuan finansial, jangan ragu untuk mengambil cuti dan perjalanan liburan yang lebih mahal. Traveling terbukti baik sebagai investasi. Berdasarkan sejumlah penelitian, pergi liburan bisa membuat tubuh dan otak lebih sehat sehingga kreatifitas untuk bekerja juga lebih lancar. Selain itu, liburan mendatangkan kebahagiaan untuk hidup lebih puas dan panjang. Menurut riset, orang lebih bahagia saat mengeluarkan uangnya untuk pengalaman, termasuk liburan.

3. Kasur
Salah satu benda yang patut dibeli dengan harga mahal adalah kasur. Alasannya, tidur adalah bagian penting dari kesehatan. Karenanya, berinvestasi membeli kasur yang bagus untuk kenyamanan optimal dan sebagai bagian dari menjaga kesehatan boleh dilakukan.

"Kita menghabiskan lima sampai delapan jam di kasur, tergantung pola tidur. Mendapatkan istirahat yang baik mempengaruhi setiap bagian dari hidup kita. Jika kita tidak tidur malam dengan baik, kita tidak akan produktif saat kerja, tidak akan dapat promosi, dan mungkin hanya merasa tidak nyaman. Sebuah kasur yang bagus baik untuk kesehatan dan akan bermanfaat dalam waktu panjang," tutur Roger.

4. Baju yang Pas di Badan
Tak jarang penampilan juga merupakan bagian dari investasi. Menurut pakar keuangan, pakaian yang terlihat bagus di badan pun patut dibeli dengan harga lebih mahal. Orang yang memakai busana tak sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh tak jarang terlihat kurang menjanjikan.

"Aku pikir ukuran yang pas lebih penting dari nama di label. Tidak peduli berapa harga yang kamu bayar untuk busana, pastikan mereka cocok (di badan). Busana yang pas membuat perbedaan besar," katanya.

5. Jasa yang Menghemat Waktu
Beberapa orang membiarkan barang-barang mereka rusak. Tanpa sadar, beberapa benda yang tak berfungsi dengan maksimal justru membuat waktu jadi terbuang. Karena itu, diperbolehkan untuk membeli jasa-jasa yang membantu kehidupan di keseharian, misalnya membetulkan laptop atau bagian rumah. Jika bisa membuat hidup lebih nyaman, tak ada salahnya punya membeli jasa membersihkan rumah atau memesan makanan sesuai kemampuan.

6. Alat Kesehatan
Berinvestasi pada masa depan bukan hanya dengan pendidikan tapi tentu juga kesehatan. Pastikan untuk membeli hal-hal terkait kesehatan dengan kualitas yang bagus. Bukan hanya obat atau perawatan rumah sakit, hal-hal seperti kacamata, bahan makanan, hingga kelas fitness juga patut dibeli dengan harga lebih mahal.

Simak Video "Dear Bucin, Yuk Kenali 'Toxic Financialship' saat Berpacaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)